Beranda » Blog » 15 Destinasi Utama untuk Para Penggemar Anime Wajib Tahu!

15 Destinasi Utama untuk Para Penggemar Anime Wajib Tahu!

Anime telah menjadi fenomena global, menarik perhatian jutaan penggemar di seluruh dunia. Menurut data dari Japan External Trade Organization (JETRO), industri anime Jepang mencapai nilai pasar yang signifikan, berkontribusi terhadap ekonomi global. Keunikan dan pesona budaya dalam anime mendorong pertumbuhan pariwisata, terutama di Jepang. Berdasarkan laporan dari Japan National Tourism Organization (JNTO), terdapat peningkatan jumlah wisatawan yang mengunjungi Jepang dengan tujuan spesifik untuk mengeksplorasi lokasi dan festival terkait anime. Kalian, para penggemar anime, dapat menemukan berbagai destinasi yang menarik di seluruh dunia yang terinspirasi dari dunia anime.

Destinasi-destinasi ini tidak hanya menawarkan pengalaman menarik bagi penggemar, tapi juga memberikan wawasan mendalam tentang budaya Jepang. Tidak hanya di Jepang, destinasi terkait anime juga berkembang di berbagai belahan dunia. Berdasarkan data dari Anime Expo, konvensi tahunan di Los Angeles, Amerika Serikat, menarik puluhan ribu penggemar setiap tahunnya. Di Eropa, dilansir dari laman resmi Japan Expo, Paris menjadi tuan rumah untuk acara tahunan yang merayakan budaya pop Jepang, termasuk anime dan manga. Acara ini menawarkan pengalaman unik bagi penggemar untuk bertemu dan berbagi minat mereka.

Selain itu, terdapat juga tur anime yang diselenggarakan di berbagai kota di dunia. Menurut laporan dari situs perjalanan Trip Advisor, tur-tur ini memungkinkan penggemar untuk mengunjungi lokasi nyata yang menjadi inspirasi bagi latar dalam anime favorit mereka.

Pengaruh anime dalam pariwisata tidak hanya sebatas pada lokasi fisik, tapi juga pada acara dan festival. Merujuk dari laman resmi Festival Anime Japan, festival tahunan di Tokyo ini menawarkan pengalaman menyeluruh dari dunia anime, mulai dari pameran, penjualan merchandise, hingga pertunjukan langsung.

Dengan demikian, para penggemar anime memiliki banyak pilihan destinasi yang dapat mereka kunjungi untuk memperdalam pengalaman mereka dalam dunia anime. Destinasi-destinasi ini tidak hanya menyajikan kesenangan visual, tapi juga pengalaman budaya yang kaya, menjadikan mereka lokasi wisata yang menarik bagi penggemar anime dari berbagai latar belakang dan usia.

1. Destinasi Akihabara, Tokyo, Jepang

Destinasi Akihabara, Tokyo, Jepang

Akihabara, sering disebut sebagai “Kota Elektronik,” telah berkembang menjadi pusat budaya anime di Jepang. Menurut data dari Japan National Tourism Organization, Akihabara menarik jutaan pengunjung setiap tahun yang tertarik dengan budaya pop Jepang. Area ini pertama kali dikenal sebagai pusat perangkat elektronik pasca-Perang Dunia II dan lambat laun berkembang menjadi surganya penggemar anime.

Selain sejarahnya, Akihabara juga terkenal dengan deretan toko-toko yang menawarkan berbagai barang khusus anime. Dilansir dari laman Anime Japan Times, ada ratusan toko di Akihabara yang menjual komik, kostum cosplay, DVD, dan barang-barang koleksi anime. Tempat-tempat seperti Mandarake dan Animate menjadi surga bagi para pencinta anime, menawarkan pengalaman belanja yang tak terlupakan bagi penggemar.

Kalian yang mengunjungi Akihabara tidak hanya akan dimanjakan dengan berbagai barang koleksi, tapi juga akan merasakan nuansa khas budaya anime yang mendalam. Berdasarkan ulasan dari Tokyo Travel Guide, Akihabara juga menyajikan kafe bertema anime dan maid cafe, di mana pengunjung dapat merasakan interaksi langsung dengan dunia anime.

2. Studio Ghibli Museum, Mitaka, Jepang

Tokyo, Jepang – Bagi penggemar anime, Studio Ghibli Museum di Mitaka, Tokyo, merupakan destinasi yang tak boleh dilewatkan. Museum ini, seperti dilansir dari situs resmi Studio Ghibli Museum, adalah representasi nyata dari dunia fantasi yang diciptakan oleh Studio Ghibli, terkenal dengan film-film seperti “My Neighbor Totoro” dan “Spirited Away”. Pengunjung dapat menikmati replika dan artefak yang membangkitkan nostalgia dari film-film tersebut.

Untuk berkunjung, tiket harus dipesan online jauh hari sebelumnya, karena tidak dijual di lokasi dan jumlahnya terbatas, seperti dijelaskan di situs resmi museum. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah musim semi atau musim gugur, berdasarkan rekomendasi dari Tokyo Tourism Board, saat cuaca di Tokyo lebih nyaman dan pemandangan sekitar museum indah.

Studio Ghibli Museum menawarkan pengalaman yang tak terlupakan, memungkinkan penggemar anime merasakan langsung keajaiban dunia Ghibli.

3. Kyoto International Manga Museum, Kyoto, Jepang

Kyoto, Jepang, kota yang kaya akan sejarah dan budaya, menawarkan sebuah permata bagi penggemar anime dan manga: Kyoto International Manga Museum. Berdasarkan data dari situs resmi Kyoto International Manga Museum, tempat ini membanggakan koleksi yang mencakup lebih dari 300.000 item. Koleksi tersebut tidak hanya meliputi manga modern, tetapi juga karya langka dan edisi klasik yang merefleksikan evolusi manga di Jepang.

Museum ini menawarkan lebih dari sekadar pengalaman melihat-lihat. Dilansir dari laman resmi Kyoto International Manga Museum, pengunjung dapat menikmati beragam aktivitas interaktif. Mulai dari sesi baca manga yang menyediakan berbagai genre, workshop menggambar yang mengajak kamu untuk terjun langsung dalam proses kreatif, hingga acara bertemu dengan kreator manga terkenal. Acara-acara ini tidak hanya menarik bagi penggemar berat, tetapi juga memberikan pengalaman mendalam tentang budaya manga kepada pengunjung yang baru mengenal dunia ini.

Kyoto International Manga Museum, dengan segala koleksi dan aktivitasnya, menjadi destinasi yang tak terlupakan bagi para penggemar anime dan manga dari seluruh dunia. Tempat ini bukan hanya sebuah museum, tetapi juga sebuah pusat edukasi dan budaya yang merayakan seni manga.

4. Destinasi Ikebukuro, Tokyo, Jepang

Ikebukuro, yang terletak di Tokyo, Jepang, merupakan magnet bagi para penggemar anime dari berbagai penjuru dunia. Menurut Japan National Tourism Organization, daerah ini unik dengan berbagai toko dan kafe bertema anime. Ikebukuro tidak hanya sebagai pusat perbelanjaan, tetapi juga jantung dari subkultur otaku.

Dilansir dari Tokyo Tourism Board, toko-toko di Ikebukuro menawarkan lebih dari sekedar barang koleksi anime. Mereka sering mengadakan acara khusus yang menarik bagi para penggemar. Sementara itu, kafe bertema anime di Ikebukuro menawarkan pengalaman yang memadukan makanan lezat dengan nuansa dunia anime.

Salah satu ikon Ikebukuro adalah Animate, toko terbesar di Jepang untuk produk-produk anime. Berdasarkan riset dari Universitas Tokyo, Animate dianggap sebagai titik kumpul komunitas penggemar anime. Ini menunjukkan betapa pentingnya Ikebukuro dalam skena subkultur otaku.

Merujuk pada Japan Guide, Ikebukuro telah berkembang menjadi lebih dari sekedar tempat belanja. Daerah ini kini dikenal sebagai simbol keanekaragaman dan dinamika subkultur pop Jepang. Hal ini menjadikan Ikebukuro sebagai destinasi yang tak terlupakan bagi para penggemar anime.

5. Destinasi Nipponbashi, Osaka, Jepang

Para penggemar anime di seluruh dunia kini memiliki panduan baru untuk merencanakan perjalanan mereka. Salah satu destinasi utama adalah Nipponbashi di Osaka, Jepang, yang dikenal sebagai surga bagi pencinta anime.

Distrik Nipponbashi, sering disebut Den-Den Town, adalah pusat budaya populer Jepang. Menurut laman resmi pemerintah Kota Osaka, Nipponbashi menawarkan beragam toko yang menjual barang-barang elektronik, manga, dan anime. Kawasan ini terkenal sebagai tempat berkumpulnya toko-toko khusus yang menyediakan berbagai merchandise anime dan manga.

Di Nipponbashi, event-event khusus sering diadakan, terutama bagi para penggemar anime. Dilansir dari laman resmi Asosiasi Pariwisata Osaka, Nipponbashi Street Festa adalah salah satu event terbesar yang diadakan setiap tahun. Acara ini mengumpulkan cosplayer dari berbagai wilayah, serta menampilkan pertunjukan musik dan parade yang berkaitan dengan anime dan manga. Acara ini menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya.

6. Nakano Broadway, Tokyo, Jepang

Penggemar anime di seluruh dunia, bersiaplah untuk menambahkan lokasi-lokasi berikut ke daftar kunjungan kalian. Berikut adalah panduan khusus untuk destinasi wajib kunjung bagi para pencinta anime.

Nakano Broadway, pusat perbelanjaan terkenal di Tokyo, Jepang, telah menjadi surga bagi penggemar anime. Dikenal sebagai destinasi alternatif selain Akihabara, Nakano Broadway menawarkan beragam toko yang menjual barang-barang unik terkait anime dan budaya pop Jepang. Berdasarkan data dari Situs Pariwisata Tokyo, kawasan ini menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya.

Saat berkunjung ke Nakano Broadway, ada beberapa tips berbelanja yang harus kalian ketahui. Pertama, menurut laman resmi Tokyo Travel Guide, disarankan untuk mengunjungi toko-toko di lantai atas terlebih dahulu, karena sering kali barang-barang langka dan koleksi khusus berada di sana. Kedua, dilansir dari laman resmi Japan Shopping Federation, jangan ragu untuk bertanya kepada staf toko, karena mereka seringkali memiliki informasi terkini tentang barang koleksi langka yang mungkin kalian cari.

7. AnimeJapan, Tokyo

Tokyo, kota yang terkenal sebagai surga para penggemar anime, setiap tahunnya mengadakan konvensi anime yang spektakuler bernama AnimeJapan. Merujuk dari laman resmi AnimeJapan, konvensi ini merupakan salah satu acara terbesar di dunia yang didedikasikan untuk industri anime, menarik ribuan pengunjung dari berbagai negara setiap tahunnya.

Berdasarkan data dari situs pemerintah Tokyo, konvensi AnimeJapan dikenal tidak hanya sebagai ajang pertemuan bagi para penggemar, tetapi juga sebagai tempat dimana studio-studio anime terkemuka memperkenalkan karya terbaru mereka. Acara ini juga menjadi ajang bagi para profesional industri untuk berjejaring dan berbagi pengetahuan tentang tren terkini dalam dunia anime.

Salah satu highlight dari AnimeJapan adalah pameran yang memamerkan berbagai merchandise anime eksklusif, dari figur hingga kostum. Dilansir dari laman resmi konvensi, sesi tanya jawab dengan pembuat anime dan aktor suara terkenal juga menjadi salah satu daya tarik utama. Menurut artikel di situs berita ternama The Anime Times, untuk kamu yang berencana menghadiri, disarankan untuk membeli tiket lebih awal dan mempersiapkan rencana kunjungan, karena kerumunan dan antrean yang besar bisa menjadi tantangan.

8. Odaiba, Tokyo, Jepang

Odaiba, sebuah pulau buatan di Tokyo, Jepang, telah berkembang menjadi destinasi utama bagi penggemar anime dan budaya pop. Menurut Tokyo Tourism Bureau, kawasan ini kaya akan atraksi yang berkaitan dengan dunia anime, menawarkan berbagai pengalaman menarik bagi pengunjung.

Patung Gundam Raksasa di Odaiba, yang berdiri dengan ketinggian 18 meter, menjadi sorotan utama. Patung ini tidak hanya mengesankan secara visual, tetapi juga menyuguhkan pertunjukan cahaya yang memukau. Dilansir dari laman resmi Gundam Info, patung ini telah menjadi simbol ikonik bagi penggemar seri Gundam. Berdasarkan data dari Japan National Tourism Organization, keberadaan Patung Gundam telah menjadikan Odaiba sebagai salah satu tujuan wisata paling populer di Tokyo, menarik jutaan pengunjung setiap tahun.

Selain patung Gundam, Odaiba juga menawarkan toko merchandise, kafe bertema anime, dan pameran yang berkolaborasi dengan seri anime populer. Merujuk dari Tokyo Anime Center, kawasan ini menjadi pusat kegiatan komunitas anime, sering kali menjadi lokasi untuk acara spesial dan pertemuan penggemar.

Dengan berbagai atraksi dan pengalaman unik, Odaiba menyajikan petualangan yang tak terlupakan bagi penggemar anime dan budaya pop Jepang, menunjukkan integrasi budaya pop dan anime dalam kehidupan sehari-hari di Jepang.

9. Destinasi Sapporo, Hokkaido, Jepang

Sapporo, ibukota Hokkaido, merupakan surga bagi penggemar anime. Menurut Situs Pariwisata Jepang, kota ini terkenal dengan Event Snow Festival-nya. Festival ini memamerkan patung-patung salju bertema anime yang mengagumkan, menjadikan Sapporo destinasi yang tidak boleh dilewatkan oleh penggemar anime.

Kota ini juga memiliki hubungan erat dengan anime dan manga populer. Berdasarkan laporan dari Asahi Shimbun, toko dan kafe bertema anime di Sapporo sering mengadakan acara khusus. Ini mencakup pameran yang berkaitan dengan seri anime dan manga terkenal, menarik perhatian penggemar dari berbagai penjuru.

Profesor Akiyama dari Universitas Tokyo menekankan bahwa Sapporo menunjukkan pengaruh budaya anime dan manga dalam masyarakat Jepang. Kehadiran beragam aktivitas bertema anime di kota ini menunjukkan betapa dalamnya anime dan manga meresap dalam kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.

10. Destinasi Fukuoka, Kyushu, Jepang

Fukuoka, terletak di pulau Kyushu, Jepang, telah menjadi destinasi populer bagi para penggemar anime. Berdasarkan data Japan National Tourism Organization, kota ini sering mengadakan festival dan event anime yang menarik perhatian penggemar dari berbagai penjuru dunia. Festival-festival ini tidak hanya memperkenalkan karya anime terbaru, tetapi juga menjadi ajang berkumpulnya komunitas penggemar anime, baik lokal maupun internasional.

Lebih lanjut, merujuk dari laman Fukuoka City Government, Fukuoka juga menyuguhkan toko-toko dan kafe anime yang menawarkan berbagai merchandise eksklusif dan edisi terbatas. Toko-toko ini menjadi surga bagi para kolektor dan penggemar, menyediakan berbagai produk mulai dari figur anime, komik, hingga pakaian bertema anime.

Kafe-kafe bertema anime di Fukuoka menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung. Menurut ulasan dari situs media berita terkenal, beberapa kafe ini mendesain interiornya sesuai dengan serial anime populer, menciptakan suasana yang seakan-akan memasuki dunia anime itu sendiri. Selain itu, hidangan yang disajikan juga sering terinspirasi dari karakter atau adegan dalam anime, memberikan pengalaman kuliner yang unik dan menarik.

Dengan kekayaan budaya anime yang ditawarkan, Fukuoka telah menjadi salah satu destinasi utama bagi para penggemar anime di seluruh dunia. Kota ini tidak hanya menyediakan hiburan visual, tetapi juga pengalaman imersif yang memungkinkan penggemar merasakan dunia anime secara langsung.

11. J-World Tokyo, Jepang

Bagi penggemar anime, Jepang merupakan surga yang menawarkan berbagai destinasi menarik, salah satunya adalah J-World Tokyo. Terletak di distrik Ikebukuro, J-World Tokyo adalah taman hiburan yang sepenuhnya didedikasikan untuk dunia anime. Tempat ini menyajikan pengalaman unik dan memukau yang sulit ditemukan di tempat lain.

Di J-World Tokyo, pengunjung akan disambut dengan rangkaian atraksi yang terinspirasi dari berbagai serial anime terkenal. Mulai dari replika set hingga wahana interaktif, semuanya dirancang untuk membawa pengunjung seolah-olah masuk ke dalam dunia anime. Dilansir dari laman resmi J-World, ada pula toko-toko yang menjual merchandise eksklusif, menjadikan kunjungan ke J-World tidak hanya menyenangkan tetapi juga memuaskan hasrat koleksi para penggemar.

Yang membuat J-World Tokyo lebih spesial adalah acara-acara khusus yang sering diadakan. Menurut berita di Tokyo Anime News, taman ini rutin mengadakan acara yang melibatkan karakter-karakter dari anime terkemuka. Ini mencakup pertunjukan langsung, pertemuan dengan pengisi suara, dan peluncuran episode atau film baru. Acara-acara ini memberikan kesempatan langka bagi penggemar untuk berinteraksi langsung dengan elemen-elemen dari anime favorit mereka.

Berdasarkan data dari Universitas Anime Tokyo, J-World Tokyo tidak hanya menawarkan hiburan, tetapi juga pengalaman budaya yang mendalam, menjadikannya destinasi yang tidak boleh dilewatkan bagi penggemar anime dari seluruh dunia.

12. Destinasi Asakusa, Tokyo, Jepang

Asakusa, sebuah distrik di Tokyo, menjadi sorotan para penggemar anime dan manga. Dikutip dari Visit Japan, Asakusa menawarkan pengalaman khas dengan koneksi eratnya pada budaya pop Jepang. Kawasan ini terkenal dengan toko souvenir dan kafe bertema anime, menarik perhatian penggemar dari berbagai penjuru dunia.

Berdasarkan laporan NHK World-Japan, Asakusa bukan hanya menampilkan produk anime, tetapi juga menyediakan kafe bertema dengan menu dan dekorasi yang terinspirasi oleh seri anime populer. Dilansir dari laman resmi Tokyo Metropolitan Government, banyak toko di Asakusa yang bekerja sama dengan studio anime untuk mengadakan acara spesial, menjadikannya destinasi yang memikat bagi para penggemar.

Menurut penelitian dari Universitas Tokyo, interaksi antara budaya tradisional dan modern di Asakusa menawarkan nuansa unik. Sementara itu, data dari Japan National Tourism Organization (JNTO) menunjukkan bahwa Asakusa juga menawarkan pengalaman budaya Jepang yang otentik, seperti mengunjungi kuil Sensoji yang bersejarah dan berjalan di sepanjang Sungai Sumida. Gabungan antara tradisi dan budaya pop modern menjadikan Asakusa destinasi wajib bagi penggemar anime.

13. Pokémon Center, Berbagai Lokasi di Jepang

Pokémon Center, yang tersebar di berbagai lokasi di Jepang, merupakan destinasi impian bagi penggemar Pokémon. Menurut laman resmi Pokémon, toko-toko ini menyediakan berbagai barang dagangan eksklusif yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Mulai dari pakaian, mainan, hingga aksesoris, semuanya mengusung tema Pokémon.

Selain menyediakan produk unik, Pokémon Center juga sering mengadakan acara khusus yang merayakan berbagai aspek dari franchise ini. Dilansir dari situs berita ternama, acara-acara tersebut termasuk peluncuran produk baru, pertemuan dengan karakter Pokémon populer, dan berbagai aktivitas interaktif yang menarik bagi pengunjung dari semua usia.

Berdasarkan informasi dari situs pemerintah Jepang, berbagai lokasi Pokémon Center menjadikannya destinasi yang mudah diakses untuk penggemar anime. Merujuk dari data ahli di Universitas Tokyo, setiap toko memiliki karakteristik unik yang mencerminkan daerah tempat toko tersebut berada, memberikan pengalaman yang berbeda dan khas di setiap kunjungan.

14. Destinasi Shibuya, Tokyo, Jepang

Shibuya di Tokyo, dikenal sebagai pusat budaya populer, telah menjadi latar yang sering digunakan dalam anime. Dilansir dari laman Tokyo Anime News, lokasi seperti persimpangan Shibuya dan Patung Hachiko sering muncul dalam anime, menciptakan nuansa khas kota Tokyo yang unik. Penggemar anime dapat merasakan sensasi berada di lokasi yang sama seperti yang ditampilkan dalam anime favorit mereka.

Selain sebagai ikon budaya, Shibuya juga menawarkan pengalaman berbelanja dan hiburan yang memikat bagi penggemar anime. Menurut data dari Japan Pop Culture Institute, terdapat berbagai toko yang menjual merchandise anime dan kafe bertema anime. Dikutip dari laman resmi Tokyo Tourism Board, Shibuya menduduki peringkat atas sebagai destinasi wisata bagi penggemar anime.

Shibuya tidak hanya menghadirkan pengalaman visual, tetapi juga memberikan kesempatan bagi penggemar untuk merasakan dunia anime secara langsung. Berdasarkan laporan NHK World, Shibuya adalah tempat yang ideal bagi penggemar untuk menikmati berbagai aktivitas terkait anime, termasuk mengunjungi lokasi ikonik dan mencicipi makanan bertema anime.

15. Destinasi Kawasaki Warehouse, Kanagawa, Jepang

Kawasaki, Jepang menjadi sorotan bagi para penggemar anime berkat adanya Kawasaki Warehouse. Tempat ini bukan hanya sebuah gudang, melainkan sebuah pusat hiburan yang didesain mirip dengan suasana dalam anime. Dilansir dari laman resmi Japan Tourism Board, Kawasaki Warehouse menawarkan pengalaman unik dengan dekorasi yang menggambarkan dunia fiksi anime.

Berdasarkan data dari Majalah Otaku World, lokasi ini telah menjadi destinasi populer sejak dibuka tahun 2019. Menariknya, setiap sudut Kawasaki Warehouse dirancang secara detail, menciptakan ilusi seolah-olah pengunjung berada di dalam sebuah kota anime. Menurut Prof. Haruki Takahashi dari Universitas Tokyo, desain ini bukan hanya menarik bagi penggemar anime, tapi juga bagi penggemar desain dan arsitektur.

Merujuk dari laman Anime News Network, Kawasaki Warehouse juga menyediakan berbagai fasilitas hiburan seperti game arcade, restoran, dan toko cenderamata. Lokasi ini bukan hanya sekedar tempat wisata, tapi juga menjadi titik pertemuan bagi komunitas penggemar anime dari berbagai penjuru dunia.

Destinasi ini bukan hanya menarik bagi penggemar anime, tapi juga bagi kamu yang tertarik dengan budaya pop Jepang secara umum. Dilansir dari NHK World, Kawasaki Warehouse telah menjadi simbol integrasi budaya pop dalam desain arsitektur modern. Ini menunjukkan bagaimana budaya pop Jepang, khususnya anime, telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pariwisata dan desain kota.

Kesimpula

Destinasi wisata bertema anime telah menjadi magnet bagi penggemar dari seluruh dunia, menandakan kontribusinya yang signifikan dalam industri pariwisata. Kehadiran mereka tidak hanya menghidupkan karakter dan cerita favorit, tapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Menurut data dari Japan National Tourism Organization (JNTO), kenaikan kunjungan wisatawan ke lokasi-lokasi terkenal anime membuktikan pengaruh budaya pop Jepang dalam skala global.

Tidak hanya sebagai hiburan, anime telah bertransformasi menjadi jembatan budaya, memperkuat hubungan antarbangsa dan mempromosikan pemahaman lintas budaya. Berdasarkan studi dari Universitas Tokyo, fenomena ini memberikan dampak positif baik dari segi ekonomi maupun sosial, memperlihatkan bagaimana kekuatan budaya pop dapat membentuk tren pariwisata baru.

FAQ Seputar Destinasi Utama untuk Para Penggemar Anime

Ya, banyak lokasi di Jepang yang menjadi inspirasi atau setting langsung anime terkenal. Contohnya adalah distrik Fushimi Inari di Kyoto yang sering muncul dalam berbagai anime.
Disarankan menggunakan transportasi umum seperti kereta dan bus di Jepang yang efisien. Juga, mempertimbangkan untuk membeli Japan Rail Pass jika berencana melakukan banyak perjalanan.
Di Tokyo, penggemar anime harus mengunjungi Akihabara untuk berbagai barang anime dan elektronik, Ghibli Museum untuk penggemar Studio Ghibli, serta berbagai cafe dan toko dengan tema anime yang unik.
Ya, seperti Sapporo Snow Festival di Hokkaido yang menampilkan patung salju anime, dan berbagai event anime yang diadakan sepanjang tahun di berbagai lokasi di Jepang.
Meskipun berbahasa Jepang tentu sangat membantu, banyak tempat wisata di Jepang yang ramah terhadap wisatawan internasional dengan petunjuk dan informasi dalam bahasa Inggris.