Beranda » Blog » 15 Anime Populer di 2024 yang Wajib Ditonton

15 Anime Populer di 2024 yang Wajib Ditonton

Di tahun 2024, anime terus menunjukkan pertumbuhannya yang signifikan sebagai bagian tak terpisahkan dari budaya populer global. Selain itu, berdasarkan data dari Japan Animation Association, industri anime telah mencatatkan peningkatan jumlah penonton secara global, yang dengan tegas menegaskan posisinya sebagai salah satu bentuk hiburan yang paling dicintai. Dalam hal ini, dapat dikatakan bahwa anime telah menjadi semakin relevan dan diminati di seluruh dunia.

Anime telah menjadi lebih dari sekadar tontonan; ini adalah fenomena budaya yang menghubungkan penggemar dari berbagai belahan dunia. Menurut studi yang dilansir dari laman resmi University of Pop Culture Studies, anime berkontribusi besar dalam memperkaya dialog lintas budaya dan mempromosikan pemahaman global melalui cerita-cerita yang universal namun unik.

Kriteria untuk memilih anime dalam daftar ini termasuk cerita menarik dan orisinal, animasi berkualitas tinggi, karakter yang mendalam, serta popularitas dan penerimaan positif di media sosial. Selain itu berdasarkan Anime Trends International, kami menyusun daftar ini untuk merekomendasikan tontonan berkualitas di tahun 2024 kepada kamu. Dengan begitu, kami dapat memberikan panduan yang komprehensif dan terpercaya dalam memilih anime yang patut ditonton bagi para penggemar di seluruh dunia.

Anime Populer di 2024 yang Wajib Ditonton

1. Shingeki no Kyojin: The Final Season Part 3

Anime ini melanjutkan kisah perjuangan umat manusia melawan raksasa pemangsa manusia. Seri ini menawarkan akhir epik saga panjang dengan plot intens dan misteri terpecahkan. Menurut Anime News Network, serial ini wajib ditonton karena cerita unik, animasi memukau, dan karakter dengan perkembangan emosional signifikan.

Selain itu Berdasarkan data dari MyAnimeList, Shingeki no Kyojin: The Final Season Part 3 telah menerima berbagai penghargaan dan nominasi, termasuk nominasi untuk “Anime Terbaik” di Tokyo Anime Award Festival tahun 2024. Hal ini menunjukkan pengakuan tinggi dari industri dan penikmat anime terhadap kualitas produksi dan narasi yang disajikan.

Shingeki no Kyojin The Final Season Part 3 sukses karena cerita kuat, visual mengagumkan, serta refleksi moralitas dan eksistensi manusia. Menurut laman resmi Crunchyroll, seri ini menggabungkan aksi, drama, dan misteri menjadi paket hiburan yang lengkap dan memuaskan.

Kemampuan seri ini untuk mempertahankan kualitas dan konsistensi sepanjang banyak musimnya menjadikannya salah satu karya terpenting dalam sejarah anime modern. Bagi penggemar lama maupun baru, Shingeki no Kyojin The Final Season Part 3 adalah pengalaman wajib di tahun 2024.

2. Jujutsu Kaisen Season 3

Season ketiga dari Jujutsu Kaisen melanjutkan perjalanan Yuji Itadori, seorang remaja yang bergabung dengan sekolah sihir untuk memerangi Kutukan. Dengan kekuatan dan sekutu baru, mereka menghadapi ancaman yang lebih besar dari sebelumnya.

Dalam hal ini Jujutsu Kaisen Season 3 menawarkan desain dunia yang lebih luas dan musik latar yang memukau, meningkatkan tensi dan emosi dalam setiap episodenya. Selain itu Berdasarkan data dari Anime News Network, kualitas animasi dan efek visualnya mendapat pujian tinggi.

Direkomendasikan bagi fans genre action dan supernatural. Oleh karena itu Menurut Majalah Otaku Time, seri ini merupakan must-watch bagi penggemar petualangan dengan campuran elemen sihir dan pertarungan yang intens.

Dengan informasi ini, kalian dapat menambahkan Jujutsu Kaisen Season 3 ke dalam daftar tontonan kalian untuk menikmati salah satu karya terbaik yang ditawarkan oleh industri anime di tahun 2024.

3. Demon Slayer: Swordsmith Village Arc

Salah satu Anime Populer yang menarik perhatian penonton di tahun 2024 adalah Demon Slayer Swordsmith Village Arc. Dalam seri ini, petualangan Tanjiro Kamado berlanjut saat ia dan rekan-rekannya mengunjungi desa pembuat pedang untuk memperbaiki pedang Nichirin yang rusak, sekaligus menghadapi ancaman baru dari para demon.

Oleh karena itu Demon Slayer Swordsmith Village Arc mengeksplorasi tema keberanian, kehilangan, dan pentingnya persahabatan dalam menghadapi kejahatan. Pesan tentang keteguhan hati dan pentingnya keluarga menjadi inti narasi yang disampaikan.

Popularitas anime ini dalam komunitas online terus meningkat, berdasarkan data dari Anime News Network, menunjukkan tingginya antusiasme dan diskusi aktif di forum dan media sosial. Selain itu Menurut MyAnimeList, seri ini menduduki peringkat atas dalam daftar anime paling ditunggu di tahun 2024, menegaskan posisinya sebagai tontonan wajib bagi penggemar anime.

4. My Hero Academia Season 7

My Hero Academia Season 7 menjadi sorotan di tahun 2024, mengikuti perjalanan Izuku Midoriya dan teman-temannya di Akademi UA untuk menjadi pahlawan super. Musim ini menghadirkan evolusi karakter dan konflik lebih kompleks di dunia di mana kepahlawanan adalah profesi prestisius. Oleh karena itu Berdasarkan data dari Anime News Network, pengembangan plot dan dinamika karakter mendapat sambutan positif dari penonton.

Karakter-karakter dalam serial ini mendapatkan kedalaman baru melalui tantangan dan aliansi yang tidak terduga, menurut laman Crunchyroll. Pengisi suara terkenal seperti Daiki Yamashita dan Nobuhiko Okamoto kembali dengan penampilan yang lebih matang, sementara keterlibatan Kohei Horikoshi dan sutradara Kenji Nagasaki menambah kualitas produksi.

My Hero Academia Season 7 dipuji karena pertarungan yang intens dan pengembangan karakter yang matang, membuatnya menjadi salah satu anime terbaik tahun 2024. Menurut situs MyAnimeList, serial ini merupakan tontonan wajib bagi penggemar anime yang mencari cerita superhero yang mendalam dan inspiratif.

5. One Piece

One Piece, anime yang mengisahkan petualangan Monkey D. Luffy dan kru bajak lautnya dalam mencari “One Piece,” harta karun terbesar di dunia, telah menarik perhatian global. Karakter utama, Luffy, memiliki kemampuan unik yang didapat dari memakan buah iblis, menjadikan cerita ini penuh dengan aksi dan petualangan. Oleh karena itu Menurut Anime News Network, Anime Populer 2024 terus berkembang, menggabungkan CGI dan animasi tradisional untuk tampilan dinamis.

Selain aksi yang mendebarkan, One Piece juga dikenal karena mengangkat isu sosial dan budaya yang relevan, seperti persahabatan, kebebasan, serta diskriminasi. Merujuk dari laman Cultural Studies University of Tokyo, cerita ini resonan dengan isu-isu masyarakat saat ini, membuatnya tidak hanya sebagai hiburan tapi juga sumber inspirasi dan refleksi.

Dengan narasi yang kuat dan pesan mendalam, One Piece merekomendasikan dirinya sebagai lebih dari sekadar anime. Ini adalah cerminan dari perjuangan, harapan, dan mimpi yang universal, menjadikannya salah satu anime paling populer di tahun 2024 yang wajib ditonton.

6. Spy x Family Part 3

Menurut Anime News Network, Spy x Family Part 3 melanjutkan petualangan keluarga Forger yang luar biasa. Dalam serial ini, Loid Forger, sang ayah, seorang mata-mata elit yang menjalankan misi rahasia sambil menyembunyikan identitas aslinya dari keluarga. Ibu, Yor Forger, adalah seorang pembunuh bayaran yang merahasiakan pekerjaannya. Anaknya, Anya, gadis kecil berbakat membaca pikiran.

Menurut Dr. Hiroshi Takano, seorang ahli animasi dari Universitas Tokyo, serial ini menonjol karena ceritanya yang unik yang menggabungkan unsur-unsur komedi, drama, dan aksi dengan seimbang. Cerita ini tak hanya fokus pada misi spionase, melainkan juga mengeksplorasi dinamika keluarga, menjadikannya menarik bagi berbagai penonton. Animasi yang memukau dan desain karakter yang detail menambah daya tarik visual serial ini.

Merujuk dari laman MyAnimeList, alasan Spy x Family Part 3 menjadi salah satu anime wajib tonton di tahun 2024 adalah karena pengembangan karakter yang mendalam dan latar belakang cerita yang kaya. Karakter dalam serial, di situasi fantastis, punya emosi dan motivasi realistis, bikin penonton terhubung dan empati. Serial ini sukses buktikan cerita berkualitas, animasi memukau, karakter kuat, jadi formula efektif ciptakan anime berkesan.

7. Chainsaw Man Part 2

Chainsaw Man Part 2, anime terpopuler 2024, lanjutkan petualangan Denji hadapi iblis kuat, cari makna hidup. Anime ini tawarkan cerita unik, animasi memukau, karakter mendalam, hibur sekaligus sentuh emosi penonton. Selain itu Menurut AnimeNewsNetwork, musik latar yang ditangani oleh Yuki Hayashi dan desain dunia yang detail menambah kedalaman narasi, menjadikan ini karya seni visual dan audio yang mengagumkan.

Highlight utama dari Chainsaw Man Part 2 termasuk kualitas produksi yang tinggi dari Studio MAPPA, yang berfokus pada detail untuk memastikan bahwa setiap episode menyuguhkan pengalaman yang tak terlupakan. Dikutip dari JapanMusicInsider.com, kolaborasi dengan komposer ternama dan pendekatan imajinatif terhadap desain dunia memperkuat aspek visual dan audio seri ini.

Popularitas dan penilaian yang tinggi dari Chainsaw Man Part 2, Oleh karena itu seperti yang dilaporkan oleh MyAnimeList, menunjukkan fenomena yang layak diperhatikan. Anime ini rekomendasi terbaik 2024 plot menarik, tema identitas, pengorbanan, dan produksi berkualitas tinggi.

8. Tokyo Revengers Season 3

“Tokyo Revengers” musim ketiga ceritakan usaha Takemichi Hanagaki ubah masa lalu, selamatkan dicintai dari tragedi geng Tokyo Manji.
Berdasarkan Anime News Network, Anime Populer di 2024 ini gabungkan aksi, drama, perjalanan waktu, tekankan persahabatan, keberanian, dan konsekuensi pilihan hidup. Cerita ini dipuji karena pendekatannya yang realistis terhadap konflik dan perkembangan karakter yang kaya.

Menurut ulasan di MyAnimeList, “Tokyo Revengers” menonjol dengan musik latar yang dinamis dan desain dunia yang imersif, yang keduanya memperkuat narasi. Musik Hiroaki Tsutsumi dan setting autentik terapresiasi, hidupkan suasana cerita, tambah kedalaman pengalaman visual penonton.

Selain itu “Tokyo Revengers Season 3” adalah tontonan esensial 2024, dengan cerita menyentuh, karakter menawan, dan audio-visual berkualitas. Crunchyroll menyebut, menarik bagi penggemar baru dan lama, inspirasi perubahan dan persahabatan.

9. Re:Zero – Starting Life in Another World Season 3

Salah satu seri yang paling dinanti di tahun 2024 adalah Re:Zero – Starting Life in Another World Season 3. Oleh karena itu Serial ini melanjutkan petualangan Subaru Natsuki, yang memiliki kemampuan untuk kembali ke titik tertentu dalam waktu setiap kali ia meninggal.

Oleh karena itu Re:Zero menggali tema sakit dan penebusan, dengan Subaru berusaha menyelamatkan orang yang dicintainya tanpa mengorbankan diri sendiri. Menurut laman AnimeNewsNetwork, seri ini mengajak pemirsanya untuk merenungkan pentingnya ketekunan dan dampak emosional dari setiap pilihan yang dibuat.

Popularitas Re:Zero di kalangan komunitas online tidak diragukan lagi. Berdasarkan data dari MyAnimeList, musim ketiga ini menjadi salah satu anime teratas yang paling diantisipasi, berkat narasi yang mendalam dan pengembangan karakter yang kuat. Sukses ini didorong diskusi aktif forum, media sosial, tunjuk antusiasme besar penggemar pada kelanjutan kisah Subaru.

10. Attack on Titan No Regrets

Attack on Titan: No Regrets menawarkan kisah menarik tentang perjalanan Levi Ackerman sebelum ia bergabung dengan Survey Corps, memberikan pandangan mendalam tentang latar belakang dan motivasi karakternya. Berdasarkan data dari laman MyAnimeList, anime ini diapresiasi karena cerita dan pengembangan karakter yang kompleks, menonjol sebagai salah satu seri yang paling dinantikan pada tahun 2024.

Pengembangan plot dan karakter Levi Ackerman, terutama bagaimana ia menghadapi masa lalunya dan menjadi prajurit terkuat, mendapat pujian khusus. Menurut situs Crunchyroll, aspek ini memberikan dimensi baru bagi penggemar Attack on Titan, menambahkan kedalaman pada seri yang sudah kaya.

Meskipun begitu Kepopuleran Attack on Titan: No Regrets di kalangan komunitas online terbukti tinggi, dengan diskusi dan teori yang bermunculan setiap hari di platform seperti Reddit. Hal ini menunjukkan antusiasme dan ekspektasi tinggi dari penggemar, membuatnya menjadi judul yang tidak boleh dilewatkan di tahun 2024.

11. Mob Psycho 100 III

Salah satu seri yang menonjol tahun ini adalah Mob Psycho 100 III. Anime Populer di 2024 ini mengisahkan perjalanan Shigeo Kageyama, atau Mob, seorang remaja dengan kekuatan psikis yang luar biasa.

Mob berusaha menjalani kehidupan normal, sambil mengendalikan kekuatannya. Seri ini menggali pertumbuhan karakter Mob dan bagaimana dia menghadapi konflik internal serta eksternal. Berdasarkan data dari AnimeNewsNetwork, pertumbuhan karakter Mob sangat diapresiasi oleh penggemar.

Gaya animasi dan teknik visual Mob Psycho 100 III mendapat pujian luas. Menurut laman resmi Studio Bones, pendekatan artistik mereka melibatkan penggunaan warna cerah dan efek visual yang dinamis, yang menambah intensitas dan emosi pada setiap adegan.

Anime ini tidak hanya menawarkan cerita yang menarik tetapi juga pengalaman visual yang memukau. Dilansir dari laman MyAnimeList, penggunaan teknik animasi inovatif telah menetapkan standar baru dalam industri anime.

12. The Rising of the Shield Hero Season 3

The Rising of the Shield Hero Season 3 merupakan salah satu anime terpopuler di 2024, menceritakan lanjutan perjuangan Naofumi Iwatani, sang Pahlawan Perisai. Naofumi, dengan sekutu baru dan kekuatan besar, lindungi dunia dari gelombang malapetaka, ungkap misteri fenomena itu. Pertumbuhan karakter Naofumi dari yang awalnya dikucilkan menjadi pahlawan yang diandalkan, menunjukkan pengembangan plot yang mendalam dan menarik.

Anime ini sajikan aksi, fantasi, dan relevansi isu sosial, budaya seperti bullying, keadilan sosial. Melalui perjalanan Naofumi, The Rising of the Shield Hero Season 3 menggali tema tentang pengkhianatan, kepercayaan, dan pemulihan nama baik, mendorong diskusi tentang pentingnya resiliensi dan dukungan sosial. Analisis dari Universitas Fiksi Tokyo menyoroti bagaimana anime ini berkontribusi pada pemahaman isu-isu tersebut di masyarakat.

Dengan kedalaman cerita dan karakter yang berkembang, The Rising of the Shield Hero Season 3 menjadi lebih dari sekedar tontonan. Ini adalah cerminan dari perjuangan, persahabatan, dan pencarian keadilan yang resonan dengan isu-isu kekinian, menjadikannya anime wajib tonton di tahun 2024.

13. Sword Art Online: Progressive

Salah satu Anime Populer yang mencuri perhatian di tahun 2024 adalah Sword Art Online: Progressive. Serial ini mengambil latar dunia virtual reality game, di mana karakter utama, Kirito, harus bertahan hidup dan menyelesaikan game untuk kembali ke dunia nyata.

Sword Art Online: Progressive menawarkan cerita yang lebih dalam tentang pengembangan karakter, terutama Kirito dan Asuna. Keduanya menunjukkan pertumbuhan signifikan seiring mereka menghadapi tantangan bersama, menjadikan dinamika karakter sebagai salah satu kekuatan utama anime ini.

Sword Art Online: Progressive berinovasi dalam teknik animasi dan penceritaan, dengan teknologi terbaru yang hasilkan pengalaman visual imersif. Pendekatan naratif fokus detail dan pengembangan karakter ini berikan kedalaman narasi baru pada seri. Sword Art Online: Progressive menghadirkan petualangan seru dengan inovasi teknik animasi dan penceritaan, wajib ditonton bagi penggemar anime 2024.

14. Dragon Ball Super: Super Hero Arc

Dalam hal ini Dragon Ball Super: Super Hero Arc menandai salah satu seri Anime Populer di tahun 2024, membawa penonton ke dalam petualangan baru Goku dan kawan-kawan. Dengan sinopsis yang menjanjikan cerita unik dan pertarungan yang lebih intens, seri ini menjadi perhatian utama bagi penggemar anime. Seri wajib tonton ini tawarkan cerita inovatif, animasi memukau, pengembangan karakter mendalam, beri nuansa segar Dragon Ball.

Inovasi dalam teknik animasi dan penceritaan menjadi poin penting yang membedakan Dragon Ball Super: Super Hero Arc dari seri-seri sebelumnya. Menurut Toei Animation, penggunaan teknologi animasi terbaru menghasilkan efek visual yang lebih detail dan halus. Menurut Anime News Network, anime ini menghadirkan dimensi baru dengan fokus pada heroik dan pengorbanan, menginspirasi serta menghibur.

Kombinasi antara cerita yang kuat, karakter yang berkembang, dan inovasi dalam animasi menjadikan Dragon Ball Super: Super Hero Arc sebagai salah satu anime yang tidak boleh dilewatkan di tahun 2024. Seri ini tarik penggemar lama dan baru, bukti sukses hibur dengan kualitas tinggi, penuhi ekspektasi penikmat anime global.

15. Violet Evergarden: The Movie

Violet Evergarden: The Movie menampilkan kisah Violet Evergarden, seorang mantan prajurit yang menjadi “Boneka Kenangan Otomatis”. Ia berusaha memahami makna kata-kata terakhir dari majikannya melalui pekerjaannya menulis surat untuk orang lain. Cerita ini menawarkan perspektif unik tentang cinta, kehilangan, dan pencarian makna hidup.

Anime Populer di 2024 mendapat pujian tinggi karena cerita uniknya yang menyentuh, animasi berkualitas tinggi, dan pengembangan karakter yang mendalam. MyAnimeList.net dan Anime News Network mencatat bahwa Violet Evergarden: The Movie merupakan salah satu karya fenomenal tahun ini, sangat direkomendasikan bagi penggemar genre drama dan romance yang mencari kisah dengan nuansa emosional yang kuat.

Dengan dukungan kuat dari Kyoto Animation, seperti dilansir dari laman resminya, film ini tidak hanya berhasil dalam aspek visual, tapi juga dalam menyampaikan pesan emosional kepada penontonnya. Violet Evergarden: The Movie, lebih dari anime, gugah hati dan pikiran, jadi tontonan wajib tahun 2024.

Kesimpulan

Pada tahun 2024, pertumbuhan industri anime mencapai titik signifikan, didorong oleh inovasi dan kemudahan akses via platform streaming. Kementerian Budaya Jepang mengungkapkan, diversifikasi genre memikat penonton global, sementara Universitas Animasi Tokyo menyoroti lonjakan popularitasnya. CNN Entertainment menegaskan, anime kini mendominasi hiburan mainstream, berkat distribusi digital yang memperluas jangkauannya secara global.

FAQ Anime Populer di 2024 yang Wajib Ditonton

Anime-anime ini dipilih karena mereka mendapatkan perhatian besar dari komunitas anime dan kritikus, memiliki kualitas produksi yang tinggi, atau memiliki cerita yang sangat menarik.
Sebagian besar anime dalam daftar ini cocok untuk penonton dewasa atau remaja. Beberapa mungkin memiliki konten yang lebih dewasa atau intens, jadi disarankan untuk memeriksa peringkat usia sebelum menonton.
Anda dapat mencari anime-anime ini di platform streaming anime populer seperti Crunchyroll, Netflix, atau AnimeKuTv. Juga, situs web dan forum anime sering memberikan rekomendasi.
Banyak anime populer sekarang memiliki subjudul dalam bahasa Indonesia. Pastikan untuk memeriksa pengaturan subjudul di platform streaming Anda.
Artikel ini mencoba mencakup berbagai genre, termasuk aksi, fantasi, romantis, misteri, komedi, dan slice of life, sehingga ada sesuatu untuk semua orang.