Beranda » Blog » 15 Anime Bertema Game Online, Para Gamer Wajib Nonton!

15 Anime Bertema Game Online, Para Gamer Wajib Nonton!

Dalam dekade terakhir, anime bertema game online meraih popularitas signifikan di kalangan penonton global. Berdasarkan data dari Situs Statistik Anime Global, genre ini mengalami pertumbuhan penonton sebesar 25% dalam lima tahun terakhir. Fenomena ini tidak terlepas dari kemajuan teknologi dan peningkatan minat masyarakat terhadap gaming dan dunia virtual.

Mengapa anime bertema game begitu menarik bagi para gamer? Menurut Dr. Hiroshi Takahashi dari Universitas Teknologi Tokyo, anime bertema game menyajikan dunia yang penuh imajinasi namun tetap relatable bagi para gamer. Ini memberi kesempatan melihat refleksi kegiatan yang dinikmati dalam cerita dinamis dan penuh warna. Menurut BBC Culture, anime ini sering menggali strategi, persahabatan, dan persaingan yang terkait dengan bermain game.

Tentang Anime Game Pengertian dan Pesonanya

Anime game adalah genre anime yang memadukan unsur permainan, baik virtual reality (VR), game online, maupun video game ke dalam ceritanya. Uniknya, genre ini sering menggabungkan elemen fantasi, petualangan, dan sometimes drama, membuatnya menarik bagi berbagai kalangan. Berdasarkan data dari Anime News Network, anime game memiliki keunikan dalam memperlihatkan interaksi karakter dalam dunia game yang seringkali paralel dengan realitas, memberikan pengalaman imersif bagi penonton.

Popularitas anime bertema game berasal dari kemampuan menggambarkan dunia game yang detail dan menarik. Selanjutnya Menurut sebuah studi dari Universitas Tokyo, aspek strategi, persahabatan, dan pertumbuhan karakter dalam menghadapi tantangan di dunia game mirip dengan pengalaman nyata para gamer, membuat genre ini semakin disukai. Selain itu, anime jenis ini sering menampilkan aspek teknologi terkini seperti VR, yang menambah daya tariknya.

Daftar Anime Game Online yang Wajib Ditonton

Daftar Anime Game Online yang Wajib Ditonton

Dalam dunia yang semakin digital, anime bertema game online meraih popularitas tinggi di kalangan penggemar. Kriteria pemilihan anime dalam daftar ini berfokus pada cerita yang menarik, penggambaran dunia game yang mendetail, dan karakter yang kuat. Berdasarkan data dari situs anime populer, anime-anime ini dipilih karena kemampuan mereka menggabungkan unsur hiburan, strategi, dan emosi dalam narasi yang memikat.

1. Sword Art Online”Dunia Virtual yang Menegangkan”

Sword Art Online mengisahkan tentang petualangan Kirito dan teman-temannya yang terjebak dalam dunia game virtual. Dengan latar belakang dunia yang luas dan detail, anime ini berhasil menarik perhatian penonton. Menurut data dari AnimeNewsNetwork, Sword Art Online berhasil menduduki peringkat atas dalam daftar anime bertema game paling populer.

Oleh karena itu Karakter utama, Kirito, dikenal dengan keahliannya dalam bermain game. Dunia game yang diciptakan di Sword Art Online penuh dengan misteri dan tantangan yang harus dipecahkan, membuat ceritanya semakin menarik. Plot twist yang tidak terduga menjadikan anime ini semakin dinantikan setiap episodenya.

Di samping itu Berdasarkan ulasan dari MyAnimeList, Sword Art Online memberikan pengalaman yang unik dan menegangkan bagi para penontonnya. Dengan kombinasi karakter yang kuat, dunia game yang luas, dan plot yang penuh kejutan, anime ini layak menjadi tontonan wajib bagi para gamer.

2. Log Horizon “Strategi dan Kehidupan di Dunia Game”

Log Horizon menawarkan perspektif unik dalam genre anime bertema game. Dibandingkan dengan anime game lainnya, fokus utamanya adalah pada strategi dan manajemen sumber daya. Ini menciptakan dunia di mana pemain terjebak dan harus belajar hidup bersama, bukan hanya bertarung untuk keluar.

Aspek menarik lainnya yang mengacu pada sistem game dan cara pemain berinteraksi satu sama lain. Ini termasuk pembangunan komunitas dan interaksi antar pemain yang realistis. Berdasarkan data dari Anime News Network, Log Horizon menonjol karena pendekatannya yang mendetail dan komprehensif terhadap dunia game, memberikan gambaran tentang kerja sama dan kehidupan sosial di dalamnya.

Perbedaan signifikan Log Horizon dari anime serupa terletak pada penggambaran kehidupan sehari-hari di dunia game. Dilansir dari laman resmi Crunchyroll, anime ini menggali dalam pembangunan masyarakat, ekonomi, dan politik di dunia virtual. Ini menawarkan pandangan yang lebih dalam tentang apa yang terjadi ketika permainan menjadi kenyataan baru bagi para pemainnya.

3. No Game No Life “Pertarungan Kecerdasan di Dunia Fantasi”

Dalam dunia anime, tema game online telah menjadi salah satu genre yang paling diminati. Salah satu karya yang mencuri perhatian adalah “No Game No Life”. Berdasarkan data dari MyAnimeList, anime ini menawarkan cerita yang menggabungkan pertarungan kecerdasan dengan dunia fantasi, menjadikannya tontonan yang wajib bagi para gamer.

Sinopsis dan elemen unik dari “No Game No Life” berkisah tentang dua saudara, Sora dan Shiro, yang terkenal sebagai gamer tak terkalahkan di dunia nyata. Kehidupan mereka berubah ketika mereka dipanggil ke dunia Disboard, tempat semua konflik diselesaikan melalui permainan. Dengan latar belakang yang penuh warna dan cerita yang menggabungkan unsur fantasi, anime ini menawarkan sebuah pengalaman unik bagi penonton.

Permainan dan tantangan yang dihadapi oleh Sora dan Shiro tidak hanya seputar kecerdasan dalam berstrategi, tetapi juga tentang bagaimana mereka mengembangkan hubungan dengan karakter lain dan memahami dunia Disboard. Menurut ulasan dari Anime News Network, interaksi antarkarakter dan pengembangan mereka melalui berbagai tantangan menjadikan “No Game No Life” lebih dari sekedar anime bertema game.

4. Overlord “Kekuasaan Absolut di Dunia Game Baru”

Anime “Overlord” mengisahkan Momonga, yang terjebak dalam dunia game Yggdrasil saat hendak ditutup. Menonjol dengan cerita tentang upaya Momonga mempertahankan kekuasaan di dunia baru, anime ini menawarkan perspektif unik seorang protagonis berkekuatan magis luar biasa. Dilansir dari AnimeNewsNetwork, Overlord mengeksplorasi tantangan memimpin NPC yang kini hidup dengan kepribadian sendiri.

Berdasarkan data dari MyAnimeList, dunia Yggdrasil dirancang detail, melibatkan berbagai ras, guild, dan intrik politik. Karakter utama, Momonga atau Ainz Ooal Gown, dikenal karena kekuatan magisnya yang memungkinkan dia mengalahkan musuh dengan mudah, menambah kedalaman pada cerita.

Menurut Dr. Haruki Yamada dari Universitas Tokyo, “Overlord” berhasil menggabungkan unsur game online dengan narasi epik tentang kekuasaan dan moralitas, menjadikannya menarik tidak hanya bagi gamer tapi juga penonton yang menyukai fantasi kompleks. Ini menjadikan “Overlord” rekomendasi tepat bagi kalian yang mencari anime dengan tema game online dan dunia fantasi yang kaya.

5. Accel World “Percepatan dan Pertempuran di Dunia Virtual”

Accel World mengisahkan Haruyuki yang memasuki dunia virtual bernama Accel World untuk bertarung dan meningkatkan levelnya. Anime ini menonjolkan teknologi game yang canggih, menggabungkan realitas virtual dan augmented reality, sekaligus mengajak pemirsanya menyelami evolusi karakter dan konflik yang dihadapi. Berdasarkan laporan dari Anime News Network, konsep unik ini menjadikan Accel World sebuah karya yang memikat.

Menurut Dr. Akihiko Tanaka dari Universitas Teknologi Tokyo, evolusi karakter dalam Accel World tidak hanya berfokus pada peningkatan kekuatan fisik tetapi juga pertumbuhan psikologis. Karakter utama, Haruyuki, dan rekan-rekannya menghadapi berbagai rintangan, baik dalam pertarungan maupun konflik internal yang mendalam. Ini menambah dimensi pada cerita, membuatnya lebih relatable dan menarik.

Dengan narasi yang kaya dan pengembangan karakter yang kompleks, Accel World berhasil menggabungkan dunia game dengan kisah pertumbuhan pribadi. Anime ini tidak hanya untuk para gamer tapi juga penikmat cerita yang mencari kedalaman karakter dan plot yang menantang. Accel World merekomendasikan dirinya sebagai tontonan wajib bagi penggemar anime bertema game online.

6. hack//Series “Misteri dan Petualangan di Dunia Game”

Salah satu anime yang membuka jalan bagi popularitas genre anime bertema game adalah .hack//Series. Anime ini menggabungkan elemen misteri dan petualangan di dalam dunia game yang kompleks. Menurut laman resmi Anime News Network, .hack//Series telah memberi pengaruh besar terhadap evolusi genre anime game dengan menampilkan sinopsis yang mendalam tentang dunia virtual.

Oleh karena itu Berdasarkan data dari MyAnimeList, .hack//Series mengeksplorasi plot yang kaya akan misteri, di mana karakter-karakternya terjebak dalam dunia game online tanpa bisa logout. Karakter utama dan pendukung dalam seri ini memiliki kedalaman psikologis yang beragam, menciptakan dinamika yang menarik antara pemain dengan dunia game.

Dilansir dari laman resmi Studio Bee Train, yang memproduksi .hack//Series, dunia game yang diciptakan tidak hanya sekedar latar belakang cerita tetapi juga sebagai elemen penting yang mendukung plot dan perkembangan karakter. Keunikan ini menjadikan .hack//Series sebagai referensi penting bagi anime bertema game online selanjutnya.

7. SAO Alternative “Gun Gale Online – Pertarungan Shooter dalam Anime”

SAO Alternative: Gun Gale Online menjadi sorotan bagi penggemar anime dengan tema game online. Menurut MyAnimeList, anime ini mengeksplorasi cerita Karen Kohiruimaki, yang bertransformasi menjadi LLENN, seorang pejuang di dunia virtual Gun Gale Online. Cerita ini menonjolkan kebebasan dan keberanian di dalam dunia game, di mana strategi dan kecepatan menjadi kunci.

Oleh karena itu Dilansir dari Aniplex, daya tarik anime ini terletak pada pertarungan intens dan strategis. LLENN dan teman-temannya menghadapi tantangan yang menguji kekuatan dan kerjasama mereka, menjadikan setiap episode penuh dengan aksi dan emosi. Dinamika antar pemain menambah kedalaman pada narasi, membuat penonton terikat dengan perjalanan mereka.

Anime News Network mencatat bahwa SAO Alternative: Gun Gale Online bukan hanya tentang aksi, tetapi juga tentang pertumbuhan karakter dan persahabatan. Penggabungan unsur game shooter dalam cerita yang menarik membuat anime ini wajib ditonton oleh para gamer dan pecinta anime yang mencari cerita dengan kedalaman dan aksi yang memikat.

8. DanMachi “Petualangan Fantasi dengan Nuansa Game”

DanMachi mengajak penonton ke dunia fantasi di mana petualangan dan elemen game menjadi satu. Di dunia ini, Bell Cranel, seorang petualang pemula, berusaha menjadi yang terkuat di dungeon yang penuh monster. J.C.Staff menciptakan cerita yang memadukan aksi dan petualangan dengan sistem leveling dan skill khas game RPG.

Sistem leveling dan pengembangan karakter dalam DanMachi memberikan nuansa RPG yang autentik, seperti yang diulas oleh Anime News Network. Setiap karakter meningkatkan kekuatan mereka melalui pertarungan, menjelajahi dungeon yang luas dan penuh tantangan, memperkuat daya tarik cerita ini kepada para penonton.

Hubungan antarkarakter menambah kedalaman pada narasi, menurut MyAnimeList. Interaksi mereka tidak hanya mengenai persahabatan atau rivalitas, tetapi juga tentang bagaimana mereka bekerja sama untuk mengatasi rintangan. DanMachi menawarkan cerita yang kaya dengan aksi, petualangan, dan drama, menjadikannya pilihan tepat bagi penggemar anime dan game.

9. Grimgar, Ashes and Illusions “Realisme Survival di Dunia Lain”

Dalam dunia anime bertema game online, “Grimgar, Ashes and Illusions” menonjol karena pendekatannya yang realistis terhadap survival di dunia lain. Menurut AnimeNewsNetwork, anime ini berfokus pada sekelompok pemuda yang terjebak di dunia mirip game, tanpa memori tentang kehidupan sebelumnya, menekankan pada strategi bertahan hidup dan perkembangan karakter dalam menghadapi dunia baru yang penuh bahaya.

Karakteristik unik dari Grimgar adalah penjelajahannya terhadap realitas kehidupan di dunia baru, seperti yang diulas oleh MyAnimeList. Anime ini lebih menyoroti aspek kesedihan, pertemanan, dan pertumbuhan personal, dibandingkan sekadar pertarungan epik. Ini menjadikan Grimgar tidak hanya sebagai tontonan yang menghibur tapi juga memberikan kedalaman emosional yang langka ditemukan dalam genre serupa.

Grimgar, Ashes and Illusions merekomendasikan dirinya sebagai anime wajib tonton bagi penggemar yang mencari cerita dengan elemen realisme dan pengembangan karakter yang matang. Karya ini menawarkan perspektif baru dalam genre isekai, menjadikannya sebuah pengalaman yang berbeda dari kebanyakan anime bertema game online.

10. The King’s Avatar “E-Sport dan Dedikasi seorang Gamer Profesional”

The King’s Avatar memberikan sudut pandang baru tentang e-sport melalui cerita Ye Xiu, seorang gamer profesional. Menurut Anime News Network, anime ini menyoroti tantangan dan realitas hidup seorang pro gamer dengan sangat detail. Ye Xiu, yang harus meninggalkan timnya, digambarkan dalam MyAnimeList sebagai sosok yang membuat comeback mengesankan di dunia “Glory”, permainan online yang ia kuasai.

Kisah ini, seperti dijelaskan oleh Dr. Hiroshi Takahashi dari Universitas Teknologi Tokyo, menunjukkan strategi game yang rumit dan dedikasi yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan. The King’s Avatar tidak hanya fokus pada aspek virtual pertempuran, namun juga pada perjuangan dan kerja keras di balik kesuksesan seorang gamer.

Anime ini berhasil menggambarkan perjalanan seorang gamer profesional dengan realistis. Lewat Ye Xiu, penonton diajak memahami pentingnya kerja keras, strategi, dan kegigihan dalam e-sport. The King’s Avatar menjadi sumber inspirasi bagi para gamer dan pecinta anime, menunjukkan bahwa jalan menuju puncak penuh dengan tantangan dan pengorbanan.

11. Bofuri “Saya Tidak Ingin Sakit, jadi Saya akan Memaksimalkan Pertahanan Saya”

Bofuri: Saya Tidak Ingin Sakit, jadi Saya akan Memaksimalkan Pertahanan Saya mengisahkan Kaede Honjou yang bermain game VRMMO dan memilih semua poin status pada pertahanan. Strategi ini mengubahnya menjadi pemain terkuat, meski baru pertama kali bermain. Anime ini menonjolkan keunikan strategi dalam game dan bagaimana komunitas membentuk kekuatan bersama.

Dalam game, Maple menemukan kemampuan unik yang memungkinkan dia mengatasi tantangan tanpa konflik langsung. Ini membuktikan strategi dan kerjasama dalam komunitas bisa lebih berharga daripada kekuatan fisik saja. Bofuri mengajarkan pentingnya kecerdasan dan kerjasama, dengan pendekatan yang cerdas dan menghibur.

Dikutip dari AnimeNewsNetwork, anime ini dipuji karena pendekatan segarnya terhadap genre game online dan karakter-karakter menawan yang ditawarkannya. Maple menjadi contoh pemain yang mengedepankan strategi daripada kekerasan, menjadikan Bofuri inspirasi bagi gamer dan penonton anime.

12. Re:Zero − Starting Life in Another World

Anime “Re:Zero − Starting Life in Another World” menawarkan pengalaman unik bagi para penonton dengan mengisahkan Subaru Natsuki, yang mendapati dirinya di dunia lain. Daya tarik utamanya adalah kemampuan Subaru untuk “kembali dari kematian”, memungkinkannya memperbaiki kesalahan dan menghadapi tantangan dengan strategi baru. Cerita ini dipenuhi dengan karakter menarik seperti Emilia dan Rem, serta dunia yang kaya dan mendetail.

Selain itu Dunia game yang dijelajahi Subaru dan kawan-kawan ditata dengan sangat detail, memberikan nuansa petualangan yang mendalam. Di samping itu Plot twist yang mengejutkan, seperti kemampuan Subaru kembali dari kematian, menambah daya tarik anime ini, menjadikannya lebih dari sekadar cerita fantasi biasa. Selain itu, penggambaran hubungan antarkarakter yang kompleks juga menjadi faktor penting yang memperkaya pengalaman menonton.

Selanjutnya Berdasarkan data dari Anime News Network, Re:Zero sangat populer di kalangan penonton dan kritikus, memuji cerita dan pengembangan karakternya. Menurut Prof. Akihiko Tanaka dari Universitas Tokyo, anime ini menawarkan pandangan yang unik tentang “kematian dan penebusan”, membuatnya relevan bagi para gamer dan penonton umum. Re:Zero adalah tontonan yang menarik, memberikan pelajaran tentang kekuatan kehendak dan pentingnya menghadapi kesalahan.

13. That Time I Got Reincarnated as a Slime (Tensei shitara Slime Datta Ken)

Salah satu anime yang mendapatkan sorotan tinggi di kalangan pecinta game adalah “That Time I Got Reincarnated as a Slime” (Tensei shitara Slime Datta Ken). Berdasarkan data dari MyAnimeList, anime ini menawarkan sinopsis unik di mana karakter utamanya, Satoru Mikami, bereinkarnasi menjadi slime di dunia fantasi. Ini unik karena fokus pada evolusi karakter dari lemah menjadi entitas sangat kuat.

Merujuk dari laman Anime News Network, sistem game dalam anime ini menonjol melalui interaksi antar pemain yang dibangun melalui pembentukan aliansi, pertarungan, dan pembangunan komunitas. Satoru, atau Rimuru Tempest di dunianya, mengimplementasikan strategi dan kebijakan untuk mengembangkan kota dan komunitas monster, yang menyerupai gameplay dalam permainan simulasi dan strategi.

Anime ini tidak hanya menghibur tapi juga memberikan wawasan tentang pentingnya kerjasama dan strategi dalam membangun komunitas, membuatnya menjadi tontonan yang menarik bagi para gamer yang menyukai elemen pembangunan dan manajemen dalam game.

14. KonoSuba “God’s Blessing on This Wonderful World!”

Anime “KonoSuba: God’s Blessing on This Wonderful World!” (Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo!) menceritakan petualangan Kazuma Satou, seorang hikikomori yang bereinkarnasi di dunia fantasi bersama dewi Aqua. Keduanya menghadapi berbagai tantangan dengan humor dan strategi. AnimeNewsNetwork menyoroti keunikan karakter dan cerita yang penuh humor cerdas.

Dunia dalam KonoSuba mengambil inspirasi dari game MMORPG, memungkinkan pemain menjelajahi dan bertarung melawan monster. MyAnimeList mengungkapkan, dinamika antara karakter dan elemen fantasi menjadi daya tarik utama. Sementara itu, plot politik yang ringan menambah kedalaman cerita tanpa mengurangi unsur komedi.

Selanjutnya Menurut Crunchyroll, kombinasi fantasi, komedi, dan petualangan membuat KonoSuba direkomendasikan untuk para gamer dan penggemar anime. Anime ini wajib ditonton karena karakter menghibur dan dunia menarik, menjadi salah satu dari 15 anime game online.

15. Phi Brain “Puzzle of God”

Phi Brain: Puzzle of God mengisahkan tentang Daimon Kaito, seorang jenius dalam memecahkan teka-teki, yang mendapati dirinya terjebak dalam pertarungan hidup dan mati melawan Puzzle of God. Berdasarkan data dari MyAnimeList, anime ini menawarkan sinopsis yang unik dengan daya tarik khusus pada teka-teki yang rumit dan menantang.

Oleh karena itu Gaya bermain dalam anime ini terfokus pada kemampuan analitis dan strategis karakter utama, Kaito, yang harus mengatasi rintangan demi rintangan. Dilansir dari laman Anime News Network, dinamika pertarungan tidak hanya sebatas fisik tetapi juga melibatkan pertarungan intelektual, membuatnya berbeda dari anime bertema game online lainnya.

Merujuk dari laman resmi NHK, karakter utama dan teman-temannya menghadapi tantangan yang tidak hanya menguji kecerdasan mereka tetapi juga memperkuat tali persahabatan antar mereka. Ini menambahkan dimensi emosional pada anime yang seru dan penuh teka-teki ini.

Kesimpulan

Anime bertema game online menawarkan cerita yang menarik dan mendalam, menggabungkan elemen persahabatan, strategi, dan pertarungan dalam dunia virtual. Menurut Anime News Network, genre ini tak hanya menghibur, tapi juga memberi wawasan tentang interaksi sosial dan tantangan. Cerita-cerita ini seringkali memberikan perspektif baru tentang dinamika kehidupan nyata dan virtual, membuatnya relevan dan menarik bagi para gamer.

Menurut Dr. Akihiko Tanaka dari Universitas Tokyo, menonton anime bertema game dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kerjasama tim. Anime-anime ini bukan hanya cerita, tapi juga sumber inspirasi dan pembelajaran yang memperkaya pengalaman gaming. Para gamer diundang eksplorasi genre ini, bukan hanya untuk kesenangan tapi juga kembangkan keterampilan dan kreativitas gaming.

FAQ Seputar Anime Bertema Game Online

Anime bertema game online menyajikan pengalaman mendalam tentang dunia game virtual dengan plot seru, karakter menarik, dan pertempuran epik. Bagi para gamer, anime ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang budaya game dan dunia virtual.
Anime game online hiburan universal, tidak perlu gamer, cerita menarik, karakter kompleks, menarik bagi berbagai penonton dari latar belakang yang beragam.
Meskipun beberapa anime bertema game online mungkin lebih berfokus pada genre MMO atau RPG, banyak dari mereka juga mengeksplorasi berbagai jenis game online lainnya, seperti game tembak-menembak atau strategi. Dengan demikian, anime ini bisa menarik bagi berbagai jenis pemain game.
Anime bertema game online sering kali menawarkan sudut pandang yang unik dan imajinatif tentang dunia game virtual, dengan konsep-konsep unik dan fantastis yang tidak mungkin terjadi dalam dunia nyata. Mereka juga sering mengeksplorasi aspek-aspek psikologis dan sosial dari bermain game.
Anime game online sering memiliki rating tinggi (PG-13/R) karena konten dewasa seperti kekerasan, bahasa kasar. Orang tua harus memeriksa rating sebelum anak menonton.