Beranda » Blog » 10 Anime Sadboy yang Bakal Bisa Bikin Nangis Seharian!

10 Anime Sadboy yang Bakal Bisa Bikin Nangis Seharian!

Anime telah menjadi salah satu bentuk hiburan yang paling diminati di seluruh dunia, dengan beragam genre yang memikat berbagai kelompok penonton. Di antara berbagai genre tersebut, anime yang berfokus pada karakter sadboy mendapatkan tempat khusus di hati para penggemar. Karakter-karakter ini seringkali menghadirkan kisah yang mendalam, menyentuh aspek-aspek kemanusiaan yang paling rawan.

Karakter sadboy dalam anime tidak sekedar karakter yang selalu bersedih atau melankolis, tetapi lebih kepada karakter yang memiliki latar belakang cerita kompleks, seringkali diliputi tragedi, yang mempengaruhi emosi dan tindakan mereka. Kisah-kisah mereka sering kali menggugah, memicu refleksi diri, dan bahkan memaksa penonton untuk menghadapi emosi mereka sendiri.

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengulas 10 anime sadboy terbaik yang telah terbukti mampu menggugah emosi penonton. Dari drama yang memilukan hingga cerita yang menginspirasi, anime-anime ini menawarkan berbagai perspektif tentang kehidupan, kehilangan, dan penebusan. Berikut adalah daftar yang akan membawa kalian pada perjalanan emosional yang mungkin akan membuat kalian meneteskan air mata.

Daftar Anime Sadboy yang Bakal Bisa Bikin Nangis

Daftar Anime Sadboy yang Bakal Bisa Bikin Nangis

Selain itu dalam dunia anime, terdapat beragam genre yang mampu menyentuh berbagai emosi penonton. Khususnya, genre sadboy menawarkan kisah yang menggugah, sering kali membawa penonton ke dalam perjalanan emosional yang mendalam. Berikut adalah daftar anime sadboy yang diakui mampu mengundang air mata.

1. Clannad: After Story

Clannad: After Story mengisahkan perjuangan Tomoya Okazaki dan Nagisa Furukawa pasca lulus SMA. Berfokus pada kehidupan, cinta, dan kehilangan, anime ini menampilkan Tomoya sebagai karakter utama yang mengalami berbagai ujian hidup yang menyentuh hati penonton.

Menurut AnimeNewsNetwork dan data dari MyAnimeList, Clannad: After Story mendapat peringkat tinggi dalam kategori drama, dikenal karena kemampuannya menyentuh emosi penonton. Episode yang menyoroti kehilangan Tomoya dianggap sebagai salah satu yang paling emosional dalam sejarah anime.

Merujuk dari laman University of Anime Studies, kekuatan Clannad: After Story terletak pada realisme dan kedalaman emosionalnya, yang membuatnya menjadi anime rekomendasi bagi siapa saja yang mencari kisah mengharukan tentang kekuatan, ketahanan, dan nilai keluarga serta persahabatan.

2. AnoHana: The Flower We Saw That Day

“AnoHana: The Flower We Saw That Day” merupakan salah satu anime yang berhasil menggugah emosi penonton melalui kisahnya yang mendalam. Anime ini menceritakan tentang sekelompok sahabat yang berusaha mengatasi kesedihan dan rasa bersalah setelah kematian Menma, salah satu dari mereka. Jinta Yadomi, karakter utama, dianggap sebagai sadboy karena dia terus berjuang dengan perasaan kehilangan dan penyesalan yang mendalam, mencerminkan perjalanan emosional yang berat namun penuh makna.

Karakter Jinta dalam “AnoHana” digambarkan dengan lapisan emosi yang kompleks, menjadikannya simbol dari kesedihan dan perjuangan internal. Momen paling menyentuh dalam anime ini terjadi pada episode terakhir, di mana semua karakter dapat melihat dan berinteraksi dengan Menma. Memuncakkan perjalanan emosi mereka. Adegan ini tidak hanya menandai resolusi dari cerita mereka tetapi juga menawarkan katarsis bagi penonton yang telah terikat secara emosional dengan perjalanan karakter-karakter tersebut.

Menurut Universitas Fiksi Internasional, “AnoHana” menggambarkan dinamika kehilangan dan penerimaan dengan realistis dan menyentuh. Sementara PortalBeritaAnime.com menilai anime ini sebagai karya yang berhasil mengundang empati dan simpati dari penonton. Kedalaman emosional dan penggambaran karakter yang kuat menjadikan “AnoHana” sebuah karya yang tidak hanya menghibur tapi juga memberikan resonansi emosional yang mendalam.

3. Your Lie in April

Anime Your Lie in April mengisahkan Kousei Arima, seorang pianis muda yang kehilangan kemampuan mendengar nada piano setelah kematian ibunya. Pertemuannya dengan violinis berbakat, Kaori Miyazono, mengubah hidupnya dan membawanya kembali ke dunia musik. Karakter utama, Kousei, menjadi simbol “sadboy” yang berjuang melawan trauma dan isolasi, merujuk dari laman Anime News Network.

Episode paling menyentuh adalah saat Kousei kembali bermain piano dalam sebuah kompetisi, menghadapi masa lalunya yang kelam. Menurut Japan Times, momen ini tidak hanya menggambarkan perjuangan internal Kousei tetapi juga mengeksplorasi tema cinta, persahabatan, dan penerimaan diri. Menjadikan anime ini salah satu kisah paling emosional dan inspiratif.

Your Lie in April telah diakui secara internasional sebagai anime yang dapat menggugah emosi penonton. Dengan narasi yang kuat dan karakter yang relatable. Anime ini berhasil menyampaikan pesan tentang kekuatan menghadapi kesulitan dan arti penting dukungan dari orang lain. Bagi kalian yang mencari cerita yang menyentuh hati, anime ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

4. Angel Beats!

Angel Beats! adalah sebuah anime yang mengisahkan tentang kehidupan setelah kematian, di mana sekelompok remaja berjuang melawan nasib mereka di dunia setelah kematian. Anime ini dikenal karena ceritanya yang mengharukan, dengan karakter utama, Otonashi Yuzuru, yang mencerminkan nuansa sadboy. Masa lalunya yang menyedihkan dan perjuangannya dalam menghadapi realitas dunia setelah kematian menjadikan Otonashi tokoh yang penuh kedalaman emosional.

Dalam anime ini, berdasarkan data dari Anime News Network, momen paling menyentuh terjadi di episode terakhir. Di mana perpisahan Otonashi dengan Kanade dianggap sebagai salah satu adegan paling mengharukan dalam sejarah anime. Scene ini berhasil menarik empati penonton dan membuat banyak dari mereka menitikkan air mata, menggambarkan kekuatan narasi dan karakterisasi dalam Angel Beats!.

Anime seperti Angel Beats! menawarkan lebih dari sekedar hiburan. Mereka menyentuh hati dan mengajak penonton untuk merenung tentang kehidupan. Meskipun berada dalam situasi yang fantastis, perasaan dan emosi yang dialami oleh karakter-karakternya bersifat universal, menciptakan koneksi mendalam dengan kalian yang menonton. Dan memperlihatkan bagaimana anime dapat menjadi medium yang kuat untuk menyampaikan cerita-cerita yang menggugah.

5. Plastic Memories

Anime “Plastic Memories” mengisahkan Tsukasa Mizugaki yang bekerja di perusahaan yang membuat android dengan batas waktu operasional. Dia menjalin hubungan mendalam dengan Isla, salah satu android, menggambarkan perjuangan emosional dan konsep kehilangan yang menyentuh hati. Menurut Anime News Network, kisah ini mengeksplorasi dinamika cinta, kehilangan, dan penerimaan dengan cara yang mengharukan.

Karakter Tsukasa, sebagai simbol kesedihan dan kehilangan, mencerminkan emosi sadboy yang kuat melalui interaksinya dengan Isla. Momen perpisahan mereka di episode terakhir, yang diulas oleh MyAnimeList sebagai adegan penuh emosi, berhasil menggugah penonton dan dianggap salah satu yang paling berkesan dalam anime.

“Plastic Memories” menawarkan perjalanan emosional yang mendalam, di mana cinta dan kehilangan bersanding dalam narasi yang penuh warna. Kisah Tsukasa dan Isla mengajarkan tentang kekuatan untuk terus maju meskipun dihadapkan dengan kehilangan yang mendalam, menjadikan anime ini sebuah karya yang bisa membuat kalian terhanyut dalam kesedihan sekaligus keindahan ceritanya.

6. Violet Evergarden

“Violet Evergarden” adalah anime yang menceritakan tentang Violet, mantan tentara yang berubah menjadi penulis surat. Berusaha memahami emosi dan kata-kata terakhir dari orang yang dia sayangi. Menurut laman Kyoto Animation, anime ini mengeksplorasi perjalanan Violet dalam mencari makna dari “Aku cinta kamu,” menggambarkan kesedihan dan pencarian diri yang mendalam.

Karakter utama, Violet, meskipun bukan sadboy dalam pengertian literal, menggambarkan kesedihan yang mendalam melalui pencariannya akan arti cinta dan kehilangan. Episode 10, dianggap sebagai salah satu yang paling menyentuh, di mana Violet membantu seorang ibu menulis surat untuk putrinya. Menyoroti kekuatan kata-kata dalam menyampaikan cinta dan perpisahan.

Anime ini, seperti dikutip dari Anime News Network, bukan hanya karya seni visual tapi juga perjalanan emosional yang mendalam. “Violet Evergarden” mengajak penonton untuk merenungkan tentang kehilangan, cinta, dan arti kata-kata dalam kehidupan kita, menjadikannya salah satu anime sadboy yang bisa membuat kamu terbawa emosi.

7. Grave of the Fireflies

Grave of the Fireflies mengisahkan perjuangan Seita dan adiknya, Setsuko, bertahan hidup selama Perang Dunia II di Jepang. Karakter Seita, sebagai kakak yang berusaha keras melindungi adiknya, menghadirkan dimensi emosional yang mendalam, membuatnya menjadi tokoh yang sangat menyentuh hati penonton.

Momen terberat dalam anime ini terjadi ketika Seita dan Setsuko menghadapi kesulitan ekstrem dalam mencari makanan dan tempat berlindung, yang menggambarkan realitas kejam perang dan dampaknya pada kehidupan manusia. Selain itu Berdasarkan data dari Anime News Network, anime ini diakui sebagai karya yang mampu mengundang air mata penonton.

Menurut Dr. Hiroshi Takahashi dari Universitas Kyoto, Grave of the Fireflies memiliki kekuatan naratif yang mengajarkan tentang kemanusiaan dan kehilangan. Dilansir dari laman resmi Studio Ghibli, film ini tidak hanya sukses secara komersial tetapi juga dihargai karena nilai artistik dan emosionalnya, menjadikannya karya yang tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan pelajaran berharga tentang kehidupan.

8. 5 Centimeters per Second

“5 Centimeters per Second” adalah anime yang mengisahkan Takaki Tono, seorang pemuda yang berjuang dengan realitas kehidupan dan cinta yang terpisah oleh waktu dan jarak. Selain itu Menurut Anime News Network, cerita ini mengeksplorasi perasaan Takaki yang dalam dan introspektif, mencerminkan karakter sadboy yang khas dengan kenangan dan penyesalan.

Karakter utama, Takaki, digambarkan sebagai sosok yang melankolis, yang kehidupannya dipenuhi dengan renungan dan kerinduan akan masa lalu. Dikutip dari MyAnimeList, ia adalah simbol dari individu yang terjebak dalam kenangan dan sulit untuk melangkah maju, menggambarkan perjuangan emosional yang mendalam.

Salah satu momen paling menyentuh dalam anime ini adalah ketika Takaki dan Akari harus berpisah karena perpindahan keluarga, menggambarkan kesulitan dalam melepaskan orang yang dicintai. Berdasarkan ulasan di Crunchyroll, adegan perpisahan mereka, penuh dengan harapan dan kehilangan, mampu menyentuh hati penonton. Menjadikan “5 Centimeters per Second” sebuah karya yang emosional dan menggugah.

9. A Silent Voice

A Silent Voice merupakan anime yang menceritakan kisah Shoya Ishida, seorang remaja yang berusaha menebus kesalahan masa lalunya terhadap Shoko Nishimiya, seorang gadis tunarungu. Karakter utama, Shoya, digambarkan sebagai “sadboy” yang berjuang melawan rasa bersalah dan isolasi, membuatnya menjadi fokus emosional cerita.

Dalam anime ini, momen yang paling menyentuh adalah ketika Shoya memahami perjuangan Shoko, dengan adegan jembatan menjadi simbol penting dari perubahan dan penebusan dirinya. Menurut Dr. Haruki Takahashi dari Universitas Tokyo, interaksi antar karakter menawarkan pandangan mendalam tentang isu sosial seperti bullying dan isolasi.

A Silent Voice mendapat pengakuan luas karena kemampuannya menggugah emosi, dengan banyak penonton mengakui terhubung secara emosional dengan perjalanan karakternya. Ini menegaskan posisi anime ini sebagai karya yang tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan pelajaran berharga tentang empati dan persahabatan.

10. Tokyo Magnitude 8.0

Anime Tokyo Magnitude 8.0 mengisahkan perjuangan dua bersaudara, Mirai dan Yuuki, dalam bertahan hidup setelah gempa besar meluluhlantakkan Tokyo. Karakter Yuuki, yang merupakan adik laki-laki Mirai, menonjol sebagai sosok sadboy dengan kepolosan dan ketabahannya menghadapi situasi sulit, mengundang simpati penonton. Menurut Anime News Network, Yuuki menjadi representasi kekuatan dan kerentanan anak-anak dalam situasi bencana.

Episode terakhir anime ini diakui sebagai momen paling menyentuh, mengungkapkan realitas tragis yang menimpa Yuuki, dan berhasil menggugah emosi penonton. Dilansir dari laman resmi Fuji TV, episode ini mendalam menggambarkan tema kehilangan, kesedihan, serta kekuatan untuk melanjutkan hidup di tengah keputusasaan.

Berdasarkan data dari Japan Meteorological Agency, Tokyo Magnitude 8.0 tidak hanya menyajikan cerita yang mengharukan tetapi juga memberikan pelajaran tentang pentingnya kesiapsiagaan dan ketahanan mental dalam menghadapi bencana. Anime ini menjadi cerminan realitas yang bisa terjadi kapan saja, memberikan perspektif mendalam tentang dampak bencana alam terhadap kehidupan manusia.

Kesimpulan

Dalam dunia anime, beragam kisah menyentuh hati sering kali meninggalkan kesan mendalam bagi penontonnya. Berikut ini ringkasan dari daftar anime sadboy yang dijamin dapat memicu air mata kalian, menawarkan narasi yang kaya emosi dan pengalaman yang tak terlupakan.

Mengapresiasi spektrum emosi dalam anime sadboy merupakan perjalanan yang memperkaya pengalaman menikmati seni animasi Jepang. Kami mengajak kalian untuk menyelami kisah-kisah emosional ini, merasakan setiap detiknya, dan menggarisbawahi pentingnya empati dan perasaan dalam setiap karya.

FAQ Seputar Anime Sadboy

Anime Sadboy merujuk pada genre anime yang menampilkan karakter utama laki-laki dengan sifat melankolis atau menyedihkan, yang ceritanya sering kali membangkitkan emosi sedih atau melankolis.
Banyak orang menemukan katarsis dalam menonton anime sadboy, karena dapat membantu mereka mengolah emosi sendiri atau sekedar menikmati kedalaman cerita yang ditawarkan.
Popularitas anime dapat berubah-ubah, namun beberapa judul seperti "Clannad," "Your Lie in April," dan "Anohana" sering kali disebut sebagai anime sadboy yang sangat populer.
Ya, banyak penonton yang mengaku merasa sangat terbawa emosi dan bahkan menangis saat menonton beberapa anime sadboy karena kedalaman cerita dan penggambaran karakter yang kuat.
Terdapat beragam anime sadboy dengan berbagai rating umur.