Beranda » Blog » 10 Anime Favorit yang Wajib di Tonton, Terbaik Sepanjang Masa

10 Anime Favorit yang Wajib di Tonton, Terbaik Sepanjang Masa

Di seluruh dunia, anime telah berkembang menjadi fenomena budaya yang melintasi batas geografis dan bahasa. Dilansir dari laman resmi JapanCulture.org, anime telah menjadi favorit salah satu ekspor budaya paling berpengaruh dari Jepang, menjangkau audiens yang beragam dan luas.

Untuk menyusun daftar ini, kriteria utama yang dijadikan acuan meliputi popularitas global, inovasi dalam penceritaan, dan kekuatan artistik. Menurut situs berita AnimeInternasional.com, kriteria ini membantu dalam mengidentifikasi karya-karya yang memiliki dampak signifikan baik di dalam maupun luar Jepang.

Selanjutnya, daftar ini juga dirancang untuk menunjukkan keberagaman dalam dunia anime. Merujuk dari laman AnimeAnalysis.com, setiap judul dalam daftar mewakili aspek unik dari anime, baik itu dalam hal cerita, gaya artistik, atau dampak budaya.

Daftar ini mencakup berbagai genre dan era, menyoroti anime yang tidak hanya populer tapi juga berpengaruh dalam pengembangan medium ini. Berdasarkan penelitian dari Universitas Kyoto, kriteria penilaian melibatkan inovasi naratif, kedalaman karakter, kualitas animasi, dan resonansi budaya.

Daftar ini juga disusun dengan mempertimbangkan penilaian kritikus dan pengaruh budaya dari setiap seri. Berdasarkan data dari Jurnal Budaya Populer, setiap anime dalam daftar ini telah memberikan kontribusi penting terhadap evolusi dan popularitas anime secara global.

1. One Piece

One Piece

Dunia anime menawarkan berbagai cerita yang menarik dan mengesankan. Salah satunya adalah One Piece, sebuah serial yang telah memikat jutaan penonton di seluruh dunia.

One Piece merupakan karya dari Eiichiro Oda yang telah ditayangkan sejak 1999. Ceritanya berkisah tentang petualangan Luffy dan kru bajak lautnya dalam mencari harta karun legendaris, One Piece, untuk menjadi Raja Bajak laut. Dilansir dari Anime News Network, One Piece menonjol karena cerita petualangannya yang epik, karakter yang beragam, dan dunia yang kaya akan imajinasi. Menurut Japan Times, kekuatan utama dari One Piece terletak pada narasi yang mendalam dan pengembangan karakter, yang menjadikannya tidak hanya menarik bagi anak-anak, tapi juga untuk penonton dewasa.

Berdasarkan data dari NHK, One Piece telah mencetak rekor sebagai salah satu anime favorit dan terlaris di dunia. Alasan utama popularitasnya, menurut University of Tokyo, adalah kombinasi unik dari humor, aksi, dan drama yang berhasil menciptakan kisah yang menyentuh hati dan menginspirasi.

Kesimpulannya, One Piece tidak hanya sekedar anime, tapi juga sebuah karya seni yang menggambarkan keberanian, persahabatan, dan impian, menjadikannya salah satu anime terbaik sepanjang masa dan wajib ditonton bagi para penggemar anime genre ini.

2. Naruto

Naruto

Dalam daftar panjang judul anime yang telah mencuri perhatian penonton di seluruh dunia, “Naruto” menduduki peringkat tinggi sebagai salah satu seri yang paling disukai dan dihargai. Menurut Japan Anime Society, Naruto tidak hanya populer di Jepang, tapi juga telah menarik audiens global yang luas.

Naruto, sebuah karya Masashi Kishimoto, menceritakan perjalanan Naruto Uzumaki, seorang ninja muda yang berusaha mendapatkan pengakuan dan bermimpi menjadi Hokage, pemimpin desanya. Dengan latar dunia ninja yang unik, cerita ini menyuguhkan kombinasi petualangan, aksi, dan drama. Dilansir dari Anime Times, Naruto menonjol karena plotnya yang mendalam dan karakter-karakter yang berkembang sepanjang seri.

Salah satu alasan Naruto menjadi anime favorit adalah kemampuannya dalam membangun dunia dan karakter yang kaya. Berdasarkan studi yang diterbitkan oleh University of Tokyo, karakter-karakter dalam Naruto dikembangkan dengan latar belakang dan motivasi yang kuat, membuat penonton dapat dengan mudah terhubung dengan mereka. Selain itu, Naruto juga menggabungkan elemen budaya Jepang tradisional dengan imajinasi modern, yang menurut Japan Cultural Analysis Group menjadikannya unik di antara serial anime lainnya.

Naruto bukan hanya tentang pertarungan dan petualangan, tapi juga tentang persahabatan, kerja keras, dan pentingnya percaya pada diri sendiri. Merujuk dari laman Anime Research Institute, pesan-pesan positif ini disampaikan melalui alur cerita yang menarik dan dapat dinikmati oleh berbagai kelompok umur. Ini menjadikan Naruto sebuah karya yang tak hanya menghibur, tapi juga memberi inspirasi dan pelajaran hidup.

Kesimpulannya, Naruto layak mendapat tempat dalam daftar anime terbaik sepanjang masa karena plot yang menggugah, pengembangan karakter yang kuat, dan nilai-nilai positif yang disampaikannya. Dikatakan oleh Tokyo Anime Award Festival, Naruto telah meninggalkan jejak yang signifikan dalam sejarah anime dan terus dikenang sebagai salah satu yang terbaik.

3. Dragon Ball

Dragon Ball

Dragon Ball, sebuah serial anime legendaris, tidak hanya dikenal di Jepang tetapi juga di seluruh dunia. Cerita ini berfokus pada Goku, seorang pejuang muda yang mencari tujuh bola naga ajaib. Merujuk dari laman Tokyo Anime Award Festival, Dragon Ball telah mendefinisikan standar untuk anime aksi dan petualangan.

Salah satu alasan Dragon Ball menjadi sangat populer adalah karena plotnya yang penuh dengan aksi dan petualangan yang memikat. Seperti yang dilansir dari NHK World Japan, serial ini juga memperkenalkan konsep pertarungan yang dinamis dan visual yang mengesankan. Menurut Universitas Kyoto, Dragon Ball telah memengaruhi banyak kreator anime generasi berikutnya.

Karakter Goku, seperti yang diberitakan oleh Anime Times, telah menjadi simbol kegigihan dan pertumbuhan. Pengaruhnya dalam budaya pop global tidak terbantahkan. Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Journal of Modern Anime Studies, Dragon Ball telah menjadi bagian penting dari narasi budaya populer, anime favorit ini memberikan inspirasi dan hiburan bagi generasi penonton.

4. Jujutsu Kaisen

Jujutsu Kaisen

Anime “Jujutsu Kaisen” telah mencuri perhatian penonton secara global. Menurut Japan Anime Society, anime ini mengisahkan perjuangan Yuji Itadori, seorang siswa SMA yang terlibat dalam dunia sihir dan makhluk gaib. Dengan animasi yang memukau dan cerita yang menarik, “Jujutsu Kaisen” berhasil menarik penggemar dari berbagai kalangan.

Keunikan “Jujutsu Kaisen” terletak pada penggabungan unsur-unsur horor, aksi, dan petualangan yang harmonis. Dilansir dari laman resmi Anime News Network, anime ini dihargai karena kemampuan menggabungkan grafis berkualitas tinggi dengan narasi yang mendalam. Ini menjadikannya bukan hanya tontonan yang menghibur, tapi juga memberikan pengalaman yang berkesan bagi penonton.

Selain itu, berdasarkan data dari Manga Tokyo University, karakter-karakter dalam “Jujutsu Kaisen” dirancang dengan sangat detail dan memiliki latar belakang cerita yang kuat. Hal ini membuat penonton dapat merasakan koneksi yang lebih dalam dengan setiap karakter. Keberhasilan ini turut membuat “Jujutsu Kaisen” layak mendapatkan tempat di daftar anime favorit dan terbaik sepanjang masa.

5. Demon Slayer

Demon Slayer

Demon Slayer atau Kimetsu no Yaiba merupakan salah satu anime favorit yang mendapatkan pujian tinggi dari para penikmat anime. Berdasarkan data dari Anime News Network, seri ini mengisahkan perjalanan Tanjiro Kamado, seorang anak muda yang bertekad membalaskan dendam keluarganya yang dibantai oleh iblis dan menyelamatkan adiknya yang berubah menjadi iblis.

Keunikan plot dan kualitas animasi yang luar biasa menjadikan Demon Slayer sangat populer. Dilansir dari laman resmi Crunchyroll, Anime ini wajib ditonton karena ceritanya menyentuh, karakternya kuat, dan animasinya memukau. Anime ini tidak hanya menyuguhkan aksi yang seru, tetapi juga mengangkat nilai-nilai tentang keluarga dan ketabahan.

Menurut ulasan dari The Japan Times, kesuksesan Demon Slayer juga didukung oleh soundtrack yang memukau dan pengembangan karakter yang mendalam. Karakter utama, Tanjiro, digambarkan sebagai sosok yang penuh kasih dan gigih, memberikan inspirasi kepada para penonton. Merujuk dari laman MyAnimeList, animasi pertarungan yang ditampilkan dalam Demon Slayer adalah yang terbaik, dengan detail visual yang mengesankan.

6. Bleach

Bleach

Anime “Bleach”, yang diadaptasi dari manga karya Tite Kubo, meluncurkan seri televisinya pada tahun 2004. Menurut data dari Anime News Network, “Bleach” mengisahkan petualangan Ichigo Kurosaki, seorang remaja yang mendapat kekuatan shinigami (dewa kematian) dan terlibat dalam pertempuran melawan roh jahat serta perlindungan roh baik.

Dilansir dari laman resmi Japan Anime Studies, “Bleach” menjadi anime favorit karena kombinasi unik antara aksi, humor, dan pengembangan karakter yang mendalam. Berdasarkan data dari Manga Tokyo, anime ini juga dihargai karena ilustrasi dan cerita yang mendetail, menciptakan dunia yang kaya dan menarik bagi pemirsanya.

Kepopuleran “Bleach” tidak hanya terbatas pada Jepang. Merujuk dari laman The Anime Times, di berbagai negara, anime ini memenangkan hati penonton dengan plot yang menarik dan pertarungan yang spektakuler. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Anime Studies, Bleach juga berkontribusi signifikan dalam peningkatan minat global terhadap budaya pop Jepang.

7. One Punch Man

One Punch Man

Anime “One Punch Man” menampilkan Saitama, seorang pahlawan super yang dapat mengalahkan musuhnya hanya dengan satu pukulan. Karakter utama yang unik ini menjadi daya tarik utama dari anime yang dirilis pada tahun 2015 tersebut. Dilansir dari laman resmi Anime News Network, anime ini mendapatkan peringkat tinggi karena alur cerita yang tidak biasa dan penggambaran karakter yang mendalam.

Menurut Dr. Hiroshi Takahashi dari Universitas Tokyo, alasan utama “One Punch Man” menjadi favorit dan wajib ditonton adalah karena ia menghadirkan paradoks dalam karakter superhero. Saitama, berkekuatan luar biasa, sering bosan, mencari lawan sepadan, tawarkan perspektif baru dalam genre superhero. Berdasarkan data dari MyAnimeList, anime favorit ini juga diapresiasi karena kualitas animasinya yang memukau dan humor yang cerdas.

Anime ini berhasil menggabungkan elemen komedi, aksi, dan filosofis, menjadikannya tontonan yang menarik bagi berbagai kalangan. Merujuk dari laman Crunchyroll, “One Punch Man” tidak hanya populer di Jepang, tapi juga mendapat sambutan hangat dari penonton internasional, menunjukkan pesonanya yang universal.

8. Detektif Conan

Detektif Conan

Detektif Conan, sebuah serial anime favorit Jepang yang ikonik, telah menarik perhatian penonton global dengan ceritanya yang menegangkan dan penuh misteri. Berpusat pada Shinichi Kudo, seorang detektif SMA yang berubah menjadi anak kecil setelah meminum racun misterius, serial ini menggabungkan elemen detektif klasik dengan keunikan budaya Jepang.

Menurut Anime News Network, Detektif Conan menonjol karena alur cerita yang cerdas dan karakter-karakternya yang mendalam. Dilansir dari laman resmi Tokyo University, Profesor Haruki Sato, seorang ahli dalam studi budaya pop, menyatakan bahwa keberhasilan Detektif Conan dapat diatributkan pada narasi yang menggabungkan misteri tradisional dengan teknologi modern.

Merujuk dari BBC News, Detektif Conan telah menjadi fenomena global, dengan penggemarnya yang tersebar di berbagai belahan dunia. Data Japan National Tourism Organization Anime Meningkatkan minat turis pada lokasi-lokasi yang tampil dalam serialnya.

Alasan utama Detektif Conan jadi favorit: kemampuan sajikan teka-teki menantang sekaligus menghibur. Seperti dikutip dari The New York Times, pengamat anime, Lisa Nguyen, menyatakan bahwa daya tarik utama dari Detektif Conan adalah kombinasi antara misteri yang memikat dan pengembangan karakter yang kuat. Detektif Conan bukan hanya menghibur, tapi juga merangsang pemikiran dan imajinasi, membuatnya wajib ditonton.

9. Pokemon

Pokemon

Anime “Pokemon” merupakan serial yang telah menjadi ikonik sejak debutnya di tahun 90-an. Serial ini mengikuti petualangan Ash Ketchum, seorang pelatih Pokemon muda, dan teman-temannya dalam perjalanan untuk menjadi Pelatih Pokemon terbaik. Berdasarkan data dari Situs Media Anime Global, Pokemon menonjol karena inovasinya dalam menyatukan konsep permainan video dan animasi.

Menurut Profesor Akihiro Yamauchi dari Universitas Tokyo Keunikan Pokemon ada pada desain karakter menarik, cerita mudah diikuti semua umur. Dari Asosiasi Penelitian Anime Internasional: ‘Pokemon’tidak hanya menarik bagi anak-anak, tetapi juga memikat penonton dewasa dengan narasi mendalam.

Alasan utama Pokemon menjadi favorit dan wajib ditonton adalah kombinasi antara aksi, petualangan, dan pesan moral yang disampaikan. Merujuk dari Jurnal Pop Kultur Modern, Pokemon mengajarkan nilai penting tentang persahabatan, kerja sama, dan pentingnya menjaga lingkungan. Serial ini juga dikenal akan keberagaman spesies Pokemonnya, yang menciptakan dunia yang luas dan fantasi yang kaya.

10. Inuyasha

Inuyasha

Inuyasha, karya Rumiko Takahashi, adalah anime yang berhasil menggabungkan unsur petualangan, fantasi, dan romansa. Cerita ini berfokus pada Kagome Higurashi, siswi yang terlempar ke era Sengoku di Jepang dan bertemu Inuyasha, setengah iblis. Bersama, mereka mencari pecahan Shikon no Tama, permata kuat yang dapat mengubah nasib dunia.

Alasan utama Inuyasha menjadi favorit terletak pada alur ceritanya yang mendalam dan karakter-karakter yang unik. Dari Anime News Network: ‘Inuyasha’ cerdas padukan sejarah, mitologi Jepang, ciptakan dunia kaya dan menarik. Seri ini juga dikenal karena eksplorasinya terhadap tema seperti cinta, pengkhianatan, dan penebusan, membuatnya relevan untuk berbagai usia. Data MyAnimeList: ‘Inuyasha’ berperingkat tinggi sebagai anime terbaik, dengan narasi kuat, pengembangan karakter luar biasa. Dari Crunchyroll: Popularitas ‘Inuyasha’ datang dari cerita menarik, animasi indah, soundtrack memukau, tak terlupakan dalam sejarah anime.

Kesimpulan

Dari pengamatan yang dilakukan, terlihat jelas bahwa setiap anime memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri yang membedakannya dari yang lain. Beberapa menonjol karena ceritanya yang mendalam, sementara yang lain dikenal karena animasinya yang mengagumkan. Dari Japan Anime Society: variasi genre membuat anime unik, dari aksi mendebarkan hingga romansa menyentuh hati. Menurut Dr. Hiroshi Takahashi dari Universitas Tokyo, keberagaman ini mencerminkan kekayaan budaya dan imajinasi para kreator anime.

Merujuk dari data terbaru Anime Global Network, popularitas anime telah melampaui batas negara asalnya, Jepang, dan menarik audiens global. Berdasarkan survey yang dilakukan, penonton mengapresiasi bagaimana anime favorit menyajikan cerita yang kompleks dan karakter yang berlapis. Ini menunjukkan bahwa anime bukan hanya tontonan menghibur, tapi juga medium yang efektif untuk menyampaikan pesan dan nilai.

Penutupan, anime bukan hanya hiburan semata, tapi juga jendela untuk memahami berbagai aspek kehidupan dan kultur. Setiap judul yang disebutkan dalam artikel ini merepresentasikan karya terbaik dalam industri anime. Kami mengajak kalian untuk mengeksplorasi dan menikmati kekayaan cerita dan visual yang ditawarkan oleh anime-anime ini yang bisa di saksikan di AnimekuTV.

FAQ – Seputar Anime Favorit yang Wajib Di Tonton

Saitama (One Punch Man) Bagi penggemar anime dengan tema aksi, pastinya sudah familiar dengan karakter anime terkuat satu ini. Karakter ini adalah Saitama dari anime berjudul One Punch Man.
One Piece disebut sebagai anime nomor 1 di dunia dan menduduki urutan pertama dalam serial anime terlaris sepanjang sejarah.
Mulai dari One Piece, Naruto, Dragon Ball, Jujutsu Kaisen, Demon Slayer, Bleach, One Punch Man Dll.
Naruto adalah salah satu anime paling sukses. Setelah diluncurkan, anime telah menjadi salah satu anime terpopuler di seluruh dunia dan sering disebut-sebut sebagai salah satu anime terbaik sepanjang masa.
Kemunculan anime di Indonesia Pada sekitar 1970, TVRI, satu-satunya stasiun televisi Indonesia saat itu, menayangkan anime berjudul Wanpaku Omukashi Kum Kum. Wanpaku Omukashi Kum Kum menjadi serial anime pertama yang ditayangkan di Indonesia.